Puluhan Personel Tetap Disiagakan

Dibukanya Tol Soker Ngasem

SUKOHARJO - Puluhan personel tetap akan disiagakan meski diperkirakan terjadi penurunan kendaraan di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, karena dibukanya pintu tol Solo-Kertosono (Soker) selama Lebaran.

Kapolsek Kartasura, AKP Demianus Palulungan mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi menerangkan, kepastian pembukaan pintu tol Soker yang berada di kawasan perbatasan Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, saat arus mudik dan balik Lebaran disambut baik. Meskipun nantinya di sejumlah jalan di Kecamatan Kartasura tidak lagi dapat merayap, tetapi puluhan personel tetap disiagakan. ”Jumlah tidak dikurangi. Justru pengawasan bisa lebih ketat,” terang dia, Rabu (2/5).

Demianus mengungkapkan, dibukanya pintu tol di kawasan Ngasem itu, diyakini membuat sejumlah jalur tidak lumpuh. Khususnya di Jalan Ahmad Yani (Jalan Raya Solo- Semarang). Mengingat sebelum ada tol, kendaraan dari arah barat (Semarang dan Jakarta), menyerbu Jalan Ahmad Yani selama arus mudik dan balik Lebaran. ”Penurunan jumlah kendaraan, karena bagi mereka yang akan ke kawasan timur (Jatim) dari Semarang, bisa belok ke tol. Jadinya kepadatan di Kartasura terkurangi,” ungkapnya.

Titik Penting

Dikatakan, puluhan personel Polsek Kartasura tidak hanya di tempatkan di pos penjagaan. Tetapi juga sebar di sejumlah titik penting rawan kemacetan. Terutama di persimpangan yang berpotensi terjadi kemacetan saat puncak arus mudik dan balik Lebaran. Termasuk di Terminal Kartasura yang selama ini menjadi tujuan para pemudik dari luar daerah. ”Untuk persebaran personel masih kami matangkan.

Tetapi persiapan akan segera dimulai. Mengingat Lebaran tinggal satu setengah bulan lagi,” kata dia. Untuk diketahui, pintu tol Soker di Kawasan Ngasem yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari Kota Makmur itu, dibuka saat Lebaran.

Hal ini berdasarkan rapat monitoring bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Semarang. Adapun rapat juga diikuti Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo. (H80-20)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar