Rusunawa Bayem Bakal Dilengkapi Taman

KUTOARJO - Setelah tahun lalu dibangun pagar dengan menggunakan dana APBD Rp 690 juta, kini Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Bayem, Kelurahan Bayem, Kecamatan Kutoarjo, bakal dilengkapi taman.

Bahkan rusunawa lima lantai itu akan dibangun sarana untuk bermain anak. “Untuk penambahan taman berada di depan, sedangkan sarana untuk bermain anak di lantai satu,” kata Manajer Badan Pengelola Rusunawa Bayem Didik Prasetya Adi, kemarin.

Penambahan fasilitas serta sarana dan prasarana itu akan didanai APBN. Besaran anggaran, kata Didik, belum diketahui. Kendati demikian, Satker Provisi Jawa Tengah telah melakukan lelang sekitar pertengahan April lalu. Sehingga tinggal menunggu realisasinya. Penambahan fasilitas tersebut akan melengkapi sarana dan prasarana yang sudah ada di Rusunawa tersebut. Ke depan, lanjut Didik, rusunawa yang dikelola akan dilengkapi aula untuk disewakan.

Selain itu ruang komersial untuk pertemuan atau resepsi pernikahan maupun hajatan lainnya. Rusunawa yang selesai dibangun pada 2013 silam tersebut telah terisi 85 persen darii 96 ruangan yang ada.

Jadi Percontohan

Para penghuni rusunawa ratarata keluarga muda yang masingmasing beranggotakan empat jiwa. Sehingga, jumlah penghuni ada sekitar 300 orang. Mereka tergabung dalam paguyuban Paringi Urip Guyub (Ngirub). Setiap bulan pada minggu kedua, para penghuni Rusunawa Bayem menggelar pertemuan yang diisi arisan. Rusunawa yang dikelolanya pun kini menjadi percontohan di Jateng.

Untuk menghuni rusunawa tersebut, jelas Didik, sewa pertama selama tiga tahun dan bisa diperpanjang maksimal 6 tahun. Biaya masing-masing lantai yang ditempati berbeda. “Sewa di sini murah dan bisa menabung untuk beli rumah sendiri,” imbuhnya.

Keberadaan Rusunawa Bayem itu pun menjadi solusi bagi keluarga muda yang bingung mencari kontrakan. Untuk lantai dua dengan biaya sewa Rp 175 ribu, lantai tiga Rp 150 ribu, lantai empat Rp 125 ribu, dan lantai lima Rp 100 ribu per bulan. Untuk lantai satu digunakan sebagai kantor dan ruangan bagi penyandang disabilitas. (K5-26)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar