Gema Gedung Berlian

Kualitas Industri Kecil Ditingkatkan

INDUSTRI kecil menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Jawa Tengah. Meski jika dikalkulasi baru bisa memberikan pendapatan yang kecil, namun memiliki multiplier effect yang besar. Sebab, industri kecil menggerakkan perekonomian masyarakat. Mengetahui pentingnya peranan industri kecil, Komisi B DPRD Jawa Tengah terus mendorong peningkatan pengelolaannya.

Penguatan harus terus dilakukan dan masuk dalam program prioritas pemerintah. ”Kami ingin memastikan penguatan itu terus dilakukan. Salah satunya melalui Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB),” kata Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah M Chamim Irfani seusai melakukan kunjungan kerja ke BPSMB Jateng di Surakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan pimpinan dan anggota Komisi B DPRD Jateng diterima langsung oleh Kepala BPSMB Surakarta Wahyu Miatiningsih. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, salah satu bentuk penguatan yang dilakukan bisa melalui cara sertifikasi.

Produk industri kecil yang sudah bersertifikat tentu akan menambah nilai jual dan dapat dipasarkan secara umum. Dengan demikian pelayanan yang dilakukan BPSMB akan bermanfaat secara langsung oleh masyarakat. Anggota Komisi B lain, Ikhsan Mustofa mengatakan hal yang tak kalah penting lainnya adalah pembuatan katalog atau daftar dari industri kecil yang telah bersertifikat.

”Melalui katalog, industri kecil tersebut bisa dipasarkan secara masif baik oleh kelompok industri itu sendiri dan pemerintah,” katanya. Menanggapi hal itu, Wahyu Miatiningsih mengatakan, pelayanan terus dilakukan. Banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan BPSMB yang dimiliki Pemprov Jateng.

Agar lebih dikenal, pihaknya secara terus menerus memberikan sosialisasi dan jemput bola di setiap acara pameran produk industri yang ada di Jateng. Sejumlah pelayanan BPSMB antara lain laboratorium penguji, laboratorium kalibrasi, lembaga sertifikasi produk (LSPro), dan pelayanan resi gudang.(Hanung Soekendro- 56)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar