Penerimaan Caleg PDIP Tanpa Mahar dan Artis

BANDUNG - PDI Perjuangan Jawa Barat mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi calon anggota legislatif pada Pileg 2019. PDIPmenegaskan tak ada mahar dalam proses seleksi menjadi anggota Dewan itu. Hal itu ditegaskan Sekretaris PDIPJabar Abdy Yuhana di Bandung, Rabu (2/5).

”Tak ada mahar terkait dengan penjaringan bakal caleg, termasuk untuk pengambilan formulir pendaftaran. Kalau ada pengurus yang terbukti meminta uang, kami pastikan diberi sanksi,” tandasnya.

Demikian pula dengan kehadiran figur artis. Menurut dia, PDI Perjuangan sudah mempunyai mekanisme tersendiri dalam perekrutan. Kader-kader, katanya, lebih siap menjadi anggota Dewan. Ditegaskan pula, pihaknya ingin pula mengedepankan integritas calon. Untuk itu, PDI Perjuangan bakal melakukan seleksi dengan ketat, termasuk rekam jejak figur yang mendaftar.

PDIP tak ingin anggota Dewan kelak bermasalah, terutama terkait dengan perkara hukum. Langkah itu sejalan dengan target partai menjadi pemenang pemilu. Pada Pileg 2014, PDIP mendapatkan 20 kursi di DPRD Jabar. Dengan penambahan jumlah kursi, PDIPingin lebih bertaji pada tahun depan. ”Ada penambahan dapil menjadi 15, dan kursi yang diperebutkan total menjadi 120.

Pemilu sebelumnya hanya 100 kursi. Jadi, ini perlu kesungguhan,” kata Abdy. Menurut dia, kesungguhan itu di antaranya terkait dengan kesediaan caleg, baik anggota Dewan yang maju lagi ataupun kandidat baru untuk memenangkan pasangan yang diusung PDIP pada Pilgub Jabar 2018, yakni Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan Amanah (Hasanah).

”Kalau tak sungguh-sungguh memperjuangkan Hasanah, siap-siap saja dicoret.” Setelah dibuka, kemarin, ada lima orang yang mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung.

Mereka adalah Rudi Harsa Tanaya, Paul Harol, Darius Doloksaribu, Udis, dan H Yogi. Mereka diterima oleh Abdy Yuhana. ”Ini senior-senior partai yang mengambil pertama formulir pendaftaran sebagai calon anggota legislatif,” katanya. (dwi-19)


Berita Terkait
Loading...
Komentar