Moratorium DOB Ganjal Pemekaran Brebes

SEMARANG- Kajian pemekaran Brebes menjadi dua kabupaten rampung di pemerintah daerah. Namun, ada ganjalan besar agar pemekaran terwujud, yakni moratorium daerah otonomi baru (DOB) atau pemekaran daerah oleh Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng Sri Puryono mengungkapkan, kebijakan moratorium belum dicabut. Artinya, selama moratorium masih diberlakukan, maka sulit untuk merealisasikan pemekaran Brebes menjadi dua kabupaten.

”Sesuai surat dari Pemerintah Pusat, saat ini sedang moratorium pemekaran daerah. Kalau kondisi masih seperti itu, saya kira kita tidak bisa berbuat apaapa,” ujar Puryono, kemarin. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh calon DOB. Pertama, persyaratan administratif, seperti syarat minimal jumlah kecamatan yang masuk dalam satu kabupaten.

Daerah otonomi baru juga harus memiliki kemampuan pendapatan asli daerah (PAD) untuk menopang pemerintahan sendiri. ”Jangan sampai DOB justru memberatkan APBN. Dengan kata lain, PAD kecil dan roda pemerintahan dan pembangunan daerah bergantung pada APBN,” tandasnya.

Kemauan Politis

Hal kedua yang harus dipenuhi adalah syarat politis. Maksudnya, ada alasan dan kemauan politis untuk membentuk DOB. Pemekaran harus berdasar alasan yang mendesak sehingga benarbenar menjadi pertimbangan Pemerintah Pusat.

Sri Puryono pun mengaku belum menerima berkas kajian dan usulan pemekaran Kabupaten Brebes. Namun jika berkas usulan diserahkan pada Pemprov, maka akan ditindaklanjuti dengan rapat yang mempertemukan pihak-pihak terkait. ”Kalau nanti benar sampai ke kami, ya akan kami rapatkan dulu,” tuturnya. Sebelumnya, Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Brebes Imam Santoso mengatakan, pembahasan usulan pemekaran Kabupaten Brebes di tingkat kabupaten telah selesai.

Bupati dan DPRD Brebes, menurut Imam, telah menyetujui usulan pembentukan DOB Brebes Selatan melalui sidang paripurna berdasar hasil kajian yang dilakukan tim independen dari Undip Semarang. Setelah itu, Bupati Brebes Idza Priyanti diagendakan menyerahkan usulan pemekaran Kabupaten Brebes ke Gubernur Jateng.

Hasil kesimpulan kajian Undip menyebutkan, enam kecamatan di Kabupaten Brebes selatan, yakni Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Bumiayu, Sirampog, dan Tonjong berpotensi menjadi DOB atau kabupaten sendiri. Imam berharap, Gubernur segera menindaklanjuti usulan pemekaran sesuai dengan prosedur perundangundangan yang berlaku sehingga dapat segera diusulkan ke Pemerintah Pusat. (H81-41)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar