Empat Ribu Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2018

SM/Diaz - LANJUTKAN PERJALANAN : Peserta touring sepeda mudik Lebaran 2018 melanjutkan perjalanan ke Surabaya dari Lawangsewu, Semarang, Rabu (2/5).(24)
SM/Diaz - LANJUTKAN PERJALANAN : Peserta touring sepeda mudik Lebaran 2018 melanjutkan perjalanan ke Surabaya dari Lawangsewu, Semarang, Rabu (2/5).(24)

SEMARANG- Empat ribu bus disiapkan untuk fasilitas mudik gratis Lebaran 1439 H. Selain itu, kapal laut dan tiga kapal roro jurusan Jakarta- Semarang, Jakarta-Lampung, serta Jakarta-Surabaya. Kasubdit Angkutan Barang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Deni Kusdiana menuturkan, jumlah angkutan itu disediakan oleh Kemenhub, BUMN, dan swasta.

‘’Dari swasta dan BUMN, ada tiga ribu bus untuk tujuan berbagai tempat di Indonesia. Sementara Kemenhub menyiapkan 1.130 bus. Jadi cukup besar kapasitas mudik gratis 2018. Motor pemudik diangkut dengan truk dan kapal,’’ katanya di Semarang, Rabu (2/5). Kapasitas angkut kapal untuk sepeda motor juga ditingkatkan.

Jika pada 2017 mengangkut 2.300 motor, tahun ini naik menjadi 15 ribu unit. Jumlah penumpag dari 5 ribu menjadi 30 ribu. ‘’Total untuk jumlah keseluruhan angkutan mudik untuk sepeda motor baik jalur darat dan laut naik. Pada 2017 kapasitas angkutan mudik sepeda motor oleh Kemenhub 19 ribu dan tahun ini menjadi 39 ribu. Jumlah orang dari 46 ribu menjadi 87 ribu,’’ ungkapnya.

12,4 Juta Kendaraan

Lebih jauh pihaknya, menyatakan volume kendaraan pemudik diperkirakan mencapai 12,4 juta unit. Artinya, populasi kendaraan tahun ini naik 16%. Menurutnya, kendaraan pemudik bakal didominasi roda dua. Kemudian, kendaraan pribadi roda empat. Hal itu didukung pembangunan tol di Pulau Jawa. ‘’Lonjakan pemudik dengan sepeda motor mencapai 33%. Pemudik dengan roda empat naik 28%,” katanya.

Untuk mengatasi kepadatan, pihaknya menyarankan agar pemudik tidak hanya menggunakan jalan tol. Melainkan jalur-jalur alternatif lain, seperti Pantura bisa digunakan untuk memecah kepadatan. Kemenhub telah bekerja sama dengan Ikatan Alumni Elektro Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya atau ITS (ELITSCC) menggelar Touring Sepeda Mudik Lebaran 2018.

Tujuan rangkaian acara sebagai kampanye keselamatan jalan dan memperkenalkan jalur alternatif mudik Lebaran yang aman dan nyaman kepada masyarakat. Rute perjalanan dari Jakarta- Surabaya selama 6 hari ini dimulai pada Minggu (29/4). Pada Rabu pagi, rombongan telah sampai di Lawangsewu Semarang.

Peserta inti akan melewati beberapa titik, antara lain Jembatan Timbang Harjamukti Cirebon, Lawang Sewu Semarang, Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Purabaya Surabaya hingga berakhir di Kampus ITS Surabaya. (daz-41)


Berita Terkait
Loading...
Komentar