85 Siswa SMA 1 Purworejo Lolos ke PTN

PURWOREJO - Hasil ujian nasional (UN) berbasis komputer untuk tingkat SMA belum diumumkan, namun sedikitnya 85 siswa kelas XII SMA 1 Purworejo diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Mereka lolos melalui dua jalur, yaitu SNMPTN (80 siswa) dan PPKB (lima siswa). Kepala SMA1 Purworejo Padmo Sukoco didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Sunardi saat ditemui di kantornya kemarin menjelaskan, hasil UN memang baru diumumkan Kamis (3/5) secara serentak. Pengumuman dilakukan bersamaan dengan upacara wisuda siswa kelas XII.

”Kami bersyukur karena sudah ada 85 siswa kami yang lolos diterima di PTN. Jumlah itu akan terus bertambah, karena nanti akan ada seleksi SBMPTN, termasuk juga perguruan tinggi kedinasan yang sekarang masih berproses,” ungkapnya.

Siswa yang sudah lolos PTN tersebut terbanyak di UGM, yakni 50 siswa, ITB 10 siswa, Undip dua siswa, UI enam siswa, UNS 16 siswa, dan ITS satu siswa. Mereka diterima di jurusan-jurusan favorit, seperti Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Komputer, dan Ilmu Komunikasi.

Padmo menjelaskan, setiap tahun rata-rata alumni SMA 1 Purworejo 90 persen lebih diterima di PTN. ”Saya berharap anak-anak yang diwisuda nanti bisa sukses mengembangkan diri dan 20 tahun mendatang bisa kembali ke sekolah untuk memotivasi adik-adiknya. Itu sebuah kebanggaan terbesar bagi kami-kami sebagai guru,” paparnya.

Guru Berprestasi

Pada bagian lain, Padmo menyebutkan, guru mata pelajaran Seni dan Budaya SMA1 atas nama Kristanti Sri P berhasi meraih juara I tingkat Provinsi Jateng pada Olimpiade Guru Nasional. Saat ini sedang berjuang untuk tingkat nasional di Lombok. Selain itu, satu guru SMA 1 lainnya, Tisni Atmawati juga menjadi guru berprestasi tingkat kabupaten dan saat ini berjuang di tingkat provinsi.

”Kami mohon doa restu kepada seluruh civitas academica termasuk dari Muda Ganesha, wali siswa, komite, dan masyarakat Purworejo agar guru-guru SMA 1 itu bisa mengukir prestasi,” katanya. Padmo menambahkan, 14 siswanya juga berhasil memenangkan Olimpiade Sains dan saat ini maju ke tingkat provinsi. Pada ajang Krenova, siswa SMA 1 Purworejo masuk final di tingkat provinsi. Sunardi mengemukakan, pelaksanaan wisuda digelar dengan nuansa Jawa.

Para guru akan mengenakan pakaian adat sekaligus sebagian menggunakan Bahasa Jawa, karena bersamaan dengan Hari Kamis sesuai dengan instruksi gubernur. ”Upacara wisuda akan diikuti sekitar 1.000 orang, baik dari siswa, wali siswa, guru, alumni Muda Ganesha, BP2MK, dan komite,” katanya. Wisuda kali ini mengangkat tema ”Muda Ganesha, Satriyaning Nuswantara, Guna, Wicaksana, Weweko”. (H43-27)