Ungkapan Semangat Belajar dalam Puisi

SEMARANG -Annisa Insa mengungkapkan cita-citanya pada sebait puisi. Siswi kelas IX SMP1 Semarang itu berharap bisa diterima di salah satu SMAnegeri favorit di Kota Semarang. Dalam puisinya, dia menginginkan pendidikan Indonesia lebih baik ke depan.

Tria Wulan, siswi kelas VII yang menuangkan keinginannya menjadi seorang jurnalis. Sebanyak 270 siswa sekolah tersebut menggoreskan puisi bertema pendidikan dalam media MMT berukuruan 20 x 1 meter dalam kegiatan ‘’Bentang Puisi Pendidikan’’ di halaman SMP 1, Rabu (2/5). Kepala SMP 1 Nining Sulastiyaningsih mengatakan, kegiatan ini selain memperingati Hari Pendidikan Nasional, juga untuk membangkitkan semangat literasi (kemampuan menulis dan membaca) siswa.

‘’Saat ini kami tengah giat membangkitkan semangat membaca dan menulis di kalangan murid. Peningkatan pendidikan tak sebatas ilmu yang didapat dari sekolah. Siswa harus punya niat dan rajin membaca agar pengetahuan meningkat.

Ini yang kami tekankan pada acara Bentang Puisi ini,’’tutur Nining di sela-sela acara. Karya puisi yang ditulis merupakan hasil dari saringan karya siswa kelas VII, VIII, dan IX. Sebelumnya siswa tak diberi informasi adanya kegiatan tersebut. Nining menjelaskan, murid membuat puisi secara mendadak saat jam pelajaran terakhir pada Senin (30/4). Sebab, guru menginginkan puisi yang ditampilkan benar-benar karya siswa.

‘’Bukan kami tidak percaya, jika diumumkan jauh hari sebelumnya, anakanak bisa menggunakan media internet untuk mencari puisi. Kami ingin puisi yang ditampilkan benar-benar karya mereka sendiri,’’tandasnya.

Tak ketinggalan para guru dan karyawan SMP 1 turut menorehkan puisi dalam acara tersebut. Mereka juga mengungkapkan harapan pada pendidikan dan siswa meraih prestasi. Nining mengaku senang dengan antusiasme murid. (H85- 27)