UMP Gelar Lomba Line Tracer Automatic Robot

PURWOKERTO - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tehnik Elektro Fakultas Teknik dan Sains menggelar lomba Robot Line Tracer Automatic Robot (Aurora). Kegiatan pada tahun keempat tersebut memperlombakan kelas microcontroller dan analog.

”Kita mulai kompetisi robotik 2018 ini mencoba mengembangkan analog menjadi microcontroller dan analog,” kata ketua panitia, Bagus Andri Aditiya, di Auditorium Ukuwah Islamiyah UMP, kemarin. Menurutnya, kompetisi robotika itu merupakan even yang kali keempat diadakan oleh HMPS Tehnik Elektro Fakultas Teknik dan Sains UMP. Dari tahun ke tahun, katanya, animo peserta perlombaan terus meningkat.

”Ada sekitar 45 peserta, di antaranya dari tingkat sekolah dasar, SMP, SMA dan perguruan tinggi dari berbagai kota seperti Magelang, Purwokerto, Purbalingga, Surakarta, Surabaya, Ngawi, Madiun, Jombang, Tulungagung dan Yogyakarta,” terangnya.

Teori dan Praktik

Bagus mengungkapkan, tujuan kegiatan ini menumbuhkembangkan kreativitas bidang robotik dan seportivitas dalam perlombaan. Sementara itu, Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad MH mengungkapkan, kompetisi robotika diharapkan dapat menjadi wahana pengembangan inovasi, baik segi teoritis maupun praktis. Sehingga ke depan akan lahir generasi muda kreatif dan unggul di bidang robotika yang akan berkontribusi bagi perkembangan teknologi Indonesia.

”Makna kompetisi Aurora ke-4 tahun ini adalah menciptakan robot berbasis kebermanfatan untuk kehidupan sehari-hari,” katanya. Lebih lanjut Rektor menjelaskan, melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menjadi pendorong dalam menciptakan pendidikan utuh, yaitu dalam mengembangkan ilmu, karakter, dan keindonesiaan, serta menciptakan generasi muda yang sadar globalisasi.

”Saya berharap kegiatan ini juga merupakan salah satu media menumbuhkembangkan kreativitas melalui pengembangan teknologi robotika. Perkembangan riset dan pemanfaatan teknologi robotika memberikan perubahan signifikan pada kehidupan seharihari,” kata Syamsuhadi.(G22-42)