Pembibitan Atlet Barongsai Dipacu

UNJUK KEBOLEHAN : Atraksi barongsai unjuk kebolehan dalam suatu acara di salah satu sekolah di Kudus belum lama ini. (30)
UNJUK KEBOLEHAN : Atraksi barongsai unjuk kebolehan dalam suatu acara di salah satu sekolah di Kudus belum lama ini. (30)

KUDUS - Cabang olahraga barongsai di Kudus beberapa tahun ini berkembang cukup signifikan. Bahkan tidak sedikit generasi muda yang bergabung, utamanya usia SD.

Kondisi ini berlangsung sejak ditetapkan sebagai cabang olahraga pada bulan Juni 2013 lalu. Saat ini pembibitan atlet barongsai di Kudus usia SD terus dipacu dengan tujuan mendapatkan atlet berkualitas yang bisa meraih prestasi dalam sejumlah kejuaraan.

Ketua Pengkab Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kudus, Reza Adrianto mengatakan, pembibitan atlet barongsai sampai saat ini diproyeksikan bagi siswa yang duduk di bangku sekolah, mulai SD sampai SMP.

”Ini sengaja dilakukan agar pembentukan menjadi atlet lebih mudah diarahkan. Jadi, mereka nantinya bisa menguasai sejumlah materi dengan matang,” katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa sekolah yang telah bergabung berlatih bersama membentuk tim barongsai dari kelas pemula yang sampai saat ini masih eksis dan konsisten. Di antaranya SD Cahaya Nur dan SD Kanisius. ”Latihan kami dipusatkan di Sasana Satya Dharma di TITD Hok Hien Bio Kudus,” ujarnya.

Di sisi lain, untuk kategori SMP yang saat ini masih eksis, SMP Kanisius yang sudah memiliki kegiatan ekstrakulikuler. ”Latihan dilakukan di sekolah pada sore hari atau saat akhir pekan,” terangnya.

Pola Regenerasi

Mengenai pola regenerasi atau pembibitan selain di lingkungan sekolah, dia menjelaskan yang paling efektif dengan even eksebisi atau mempertunjukkan kehebatan di area publik.

”Cara ini lebih efektif, karena semua pihak bisa menyaksikan, bagaimana olahraga barongsai dilakukan. Selain itu masyarakat yang melihatnya juga bisa terhibur dan akhirnya menarik minat bergabung, utamanya para generasi muda,” ungkapnya.

Apabila generasi muda bergabung menjadi atlet, diharapkan mereka bisa konsisten. ”Selain itu bisa meraih banyak prestasi di setiap even kejuaraan,” katanya. (J18-30)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar