KEJUTAN BESAR BUVAC

SM/zimbio  -  SEMASA RUKUN : Manajer Liverpool Juergen Klopp (kanan) semasa masih rukun dengan asistennya, Zeljko Buvac. (16)
SM/zimbio - SEMASA RUKUN : Manajer Liverpool Juergen Klopp (kanan) semasa masih rukun dengan asistennya, Zeljko Buvac. (16)

LIVERPOOL - Menjelang semifinal leg kedua Liga Champions melawan tuan rumah AS Roma, Kamis (3/5) dini hari WIB, Liverpool ditinggal Zeljko Buvac.

Pria 56 tahun itu adalah asisten manajer The Reds sekaligus tangan kanan manajer Juergen Klopp. Kepergian Buvac merupakan kejutan besar, karena dia sudah lama menjalin kerja sama dengan Klopp. Pasangan pelatih dan asisten ini telah bersama selama 17 tahun.

Awalnya, Buvac dikabarkan memilih pergi setelah bersitegang dengan Klopp. Namun, kubu The Reds mengeluarkan sanggahan dan menyebut Buvac meninggalkan Anfield lantaran alasan pribadi.

Dia tak akan kembali hingga akhir musim ini, serta memutuskan menyingkir sementara dari sepak bola. Saat ini Klopp hanya ditemani Peter Krawietz.

Pria yang dijuluki The Eye itu adalah asisten manajer kedua Si Merah. Buvac mulai bekerja bareng Klopp sejak 2001 di Mainz. Duo itu mengantar Mainz promosi ke Bundesliga, dan mendapat tiket ke kompetisi Eropa.

Otak Gegenpressing

Ketika Klopp pindah ke Borussia Dortmund, Buvac juga dibawa. Sekali lagi duo ini mencetak sukses dengan mengantar Die Borussen meraih dua gelar Bundesliga dan sekali menembus final Liga Champions.

Buvac dianggap sebagai otak gegenpressing, strategi yang identik dengan Klopp saat mengantar Dortmund mematahkan dominasi Bayern Munich di Bundesliga.

Sang ‘’Otak’’ lagi-lagi mendampingi Klopp saat dipercaya menukangi Liverpool pada Oktober 2015. Kini, masa indah 17 tahun yang dirajut duo ini tak berlanjut. Buvac, yang mungkin merasa dikesampingkan Klopp, memilih meninggalkan Anfield.

Lalu siapa calon pengganti Buvac? Ada tiga nama yang mencuat. Pertama, Pepijn Lijnders (35). Lijnders pernah menjabat first team development coach Liverpool dari 2014 hingga 2018. Tahun ini dia membesut NEC Nijmegen. Calon kedua adalah Steven Gerrard (37).

Saat ini mantan kapten The Reds itu menjabat sebagai pelatih Liverpool U-18. Gerrard juga diincar Rangers untuk menjadi manajer. Yang terakhir Neil Critchley (39). Dia sekarang dipercaya menukangi Liverpool U-23. (mirror,A7-17)


Baca Juga
Loading...
Komentar