Baznas Salurkan Dana Rp 4 Miliar

KARANGANYAR - Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Karanganyar menyalurkan dana Rp 4 miliar selama periode Maret sampi April lalu. Penyaluran disampaikan pada sarasehan di pendapa rumah dinas, akhir pekan lalu.

Menurut Ketua Baznas Sugiarso, untuk dua bulan terakhir, dana zakat yang masuk sekitar Rp 1,9 miliar, namun saldo akhir tahun lalu masih ada, sehingga bisa disalurkan lebih banyak. Setiap akhr tahun memang ada dana yang tidak tersalur karena periode Desember baru diterima pada akhir bulan dan Januari diterima pada Februari. "Karena itu penyaluran dana pada awal tahun biasanya memang jauh lebih banyak dibandingkan bulan lainnya," kata Sugiarso.

Untuk tahun ini, Baznas menargetkan perolehan dana zakat sebesar Rp 15 miliar, naik dari periode lalu yang mencapai Rp 13,4 miliar.

Kesadaran masyarakat untuk menyalurkan zakat sudah naik, sehingga sampai di tingkat UPZ (unit pengumpul zakat) di masjid-masjid sudah bermunculan. Dari 2.500 masjid sudah terbentuk sekitar 700 UPZ dan diharapkan pada tahun ini mencapai 1.000 UPZ masjid. Salah satu kepercayaan pada Baznas adalah pengelolaan yang terbuka dan setiap bulan ada laporan yang diketahui pembayar zakat kemana dananya keluar dan siapa penerimanya, sehingga tidak hanya tahu dari kabar, namun wajib zakat bisa tahu dana yang disetornya. Salah satu penyaluran adalah disesuaikan dengan program pemerintah Karanganyar, seperti Karanganyar Sehat, dengan memberi dana pada warga yang sakit dan pada dua bulan ini cukup banyak warga yang dibantu.

Ada lagi program pengembangan kampung bahasa di Karangpandan, ada dua dusun yang dikembangkan menjadi kampung bahasa, karena banyaknya tamu di Ponpes Sy Karima yang hidup kos di sekitar ponpes, sehingga warga setempat familier berbahasa Inggris, Arab, dan Melayu. Sama dengan Pare di Kediri, dusun tersebut dikembangkan menjadi dusun bahasa asing Arab dan Inggris.

Yang pasti, transparansi penyaluran dana dan berapa pengeluaran serta pemasukannya menjadi kunci kepercayaan masyarakat untuk menitipkan dana zakat pada Baznas. (an-51)


Berita Terkait
Loading...
Komentar