Buruh Tuntut Hak Normatif

KARANGANYAR- Plasa Alun-alun Karanganyar dipadati buruh dari berbagai perusahaan di Karanganyar yang mengikuti mimbar bebas dalam rangka Hari Buruh Internasional, Selasa (1/5).

Secara bergantian, mereka melakukan orasi di panggung dengan isu yang tidak jauh dari masalah kesejahteraan buruh yang dinilai masih kurang. Meski berjalan damai, namun acara tersebut dipantau dan dikawal oleh aparat keamanan.

Pjs Bupati Prijo Anggoro Budi Rahardjo, Kapolres AKBP Henik Maryanto, Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mukhtar Maksum, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar terlihat hadir pada acara Mayday tersebut. "Kami di sini menuntut kesejahteraan. Kami tidak minta lebih, tapi hakhak normatif dipenuhi. Sebab yang terjadi, saat ini UMK antara buruh lajang dengan yang sudah berkeluarga masih sama," kata Danang, buruh, dalam orasinya.

Dia meminta agar aturan-aturan yang ada ditegakkan agar kesejahteraan buruh tercapai. Sementara Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Haryanto menyoroti soal pembayaran iuran BPJS. Dia meminta agar pihak berwenang benar-benar mengawasi agar pembayaran iuran BPJS yang dilakukan antara perusahaan dan karyawan dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Pjs Bupati Prijo Anggoro Budi Rahardjo diminta untuk menyampaikan orasinya di mimbar.

Dia menegaskan, pemerintah hadir untuk menangani persoalan-persoalan buruh. "Kehadiran kami di sini sebagai bukti, bahwa pemerintah hadir untuk buruh di Karanganyar. Hari libur, ada keluarga ditinggalkan, demi buruh. Karanganyar tidak maju, kalau tidak bersama buruh. Mari bersama-sama membangun Karanganyar ke depan lebih baik lagi," katanya. (H44-51)


Berita Terkait
Loading...
Komentar