Serikat Pekerja Beri Dukungan Berbeda

Jelang Pilkada Karanganyar

KARANGANYAR - Serikat pekerja di Karanganyar memberikan dukungan berbeda pada Pilkada Karanganyar 2018. Aliansi Buruh Karanganyar memberikan dukungan pada pasangan calon (paslon) nomor 2 Juliyatmono-Rober Christanto. Sementara Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) mendukung pasangan nomor 1 Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih.

Masing-masing memiliki alasan tersendiri dalam memberikan dukungan pada pasangan yang bakal bersaing merebut kursi Karanganyar 1 dan 2 pada Pilkada 27 Juni 2018 mendatang. Koordinator Aliansi Buruh Karanganyar, Eko Supriyanto, mengatakan, dukungan pada pasangan nomor 2 dilatarbelakangi keberpihakan Juliyatmono kepada buruh selama memimpin Karanganyar pada periode 2013- 2018. Selain itu, pada masa kepemimpinannya, Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karanganyar yang ditetapkan tertinggi di Solo Raya.

Dukungan pada pasangan nomor 1 dikonkretkan dalam deklarasi dukungan pada Senin (30/4) malam. "Ada 25 ribu buruh dari tujuh organisasi yang tergabung dalam FKSBK. Sebagai bentuk kontrak politik, kami sampaikan sepuluh tuntutan rakyat atau sepultura kepada Juliyatmono- Rober Christanto," katanya.

Beberapa serikat pekerja tergabung dalam aliansi, di antaranya Serikat Pekerja Nasional (SPN), Federasi Serikat Pekerja (FSP) Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (RTMM-SPSI) Karanganyar, dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Kimia Kesehatan (KSBSI Kikes). Menanggapi dukungan itu, Juliyatmono mengapresiasi dan berterima kasih. "Kami memperhatikan para pekerja. Mereka harus jadi subjek. Pemerintah bisa menjembatani jika ada persoalan, terutama soal kesejahteraan," tuturnya.

Terpisah, Ketua KSPN Haryanto mengatakan, dukungan diberikan kepada pasangan nomor 1 dengan harapan ada perubahan yang lebih baik, terutama peningkatan kesejahteraan terhadap pekerja dan keluarganya.

Selain itu, juga ada penegakan aturan ketenagakerjaan yang nyata, sehingga pekerja nyaman dalam bekerja. Menurutnya, dukungan kepada pasangan Rohadi-Ida disepakati oleh 17 Pengurus Unit Kerja (PUK) tingkat perusahaan. (H44-60)


Berita Terkait
Loading...
Komentar