Buruh Kota Magelang Pilih Ziarah Kubur

Peringatan May Day

ZIARAH KUBUR : Buruh dan pengusaha di Kota Magelang ziarah ke taman makam pahlawan dalam rangka memperingati Hari Buruh (May Day), 1 Mei, kemarin. (59)
ZIARAH KUBUR : Buruh dan pengusaha di Kota Magelang ziarah ke taman makam pahlawan dalam rangka memperingati Hari Buruh (May Day), 1 Mei, kemarin. (59)

MAGELANG - Puluhan buruh di Kota Magelang memilih memperingati hari buruh (May Day), dengan ziarah kubur, Selasa (1/5). Bersama sejumlah pengusaha, mereka melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giriloyo, Kota Magelang.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Magelang, Rindu Hepi mengatakan, aksinya ini dinilai merupakan salah satu bentuk hubungan baik antara tiga komponen, yakni buruh, pengusaha, dan masyarakat. Dia pun berharap kegiatannya ini menjadi contoh daerah- daerah lain. ”Di Kota Magelang sudah diputuskan UMR sebesar Rp 1,5 juta.

Kami menilai angka itu sudah cukup mensejahterakan buruh,” katanya, kemarin. Senada disampaikan Ketua Apindo Kota Magelang, Edi Sutrisno yang turut dalam ziarah, sepakat kalau May Day diisi dengan kegiatan positif, seperti ziarah ke makam para pahlawan.

Menurut Edi, hari buruh merupakan hari perjuangan yang tidak harus diwarnai dengan kegiatan turun ke jalan, namun buruh memiliki peran penting dalam pembangunan. Sementara dari Kabupaten Magelang, May Day diperingati dengan outbound, kemarin.

”Peringatan May Day dikondisikan tidak turun ke jalan, tetapi bergembira bersama Dinas Tenaga Kerja dan pengusaha,” kata Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Magelang, Suparno.

Ditemui di halaman Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Suparno menandaskan, bahwa perjuangan SPN daerah itu mengedepankan musyawarah dan mufakat. Khususnya guna mencapai hasil kesejahteraan bagi para pekerja.

Sebagai hasilnya jumlah upah minimum kabupaten (UMK) Kabupaten Magelang tertinggi di Jawa Tengah bagian selatan, dan hanya kalah dengan Cilacap. (H88,yon-59)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar