Bersepeda Kampanyekan Penggunaan Hak Pilih

NAIK ONTHEL : Sejumlah anggota Panwas dan KPU Kabupaten Magelang naik onthel keliling kampung untuk meningkatkan partisipasi pemilih. (26)
NAIK ONTHEL : Sejumlah anggota Panwas dan KPU Kabupaten Magelang naik onthel keliling kampung untuk meningkatkan partisipasi pemilih. (26)

PULUHAN penyelenggara pemilu di Kabupaten Magelang menggelar sosialisasi Pilkada Serentak 27 Juni 2018 dengan cara unik. Mereka menaiki sepeda onthel dari kampung ke kampung untuk mengajak warga menggunakan hak pilih mereka.

Kegiatan ini diikuti tiga komisioner Panwaskab Magelang, dua komisioner KPU setempat ditambah puluhan anggota Panwascam, Panwasdes, PPK dan PPS se- Kecamatan Mertoyudan. Camat Mertoyudan Wisnu Harjanto, Kapolsek AKP Panca dan perwakilan Koramil serta tokoh-tokoh masyarakat juga berpartisipasi.

Acara dimulai dengan deklarasi Pilkada Damai oleh Tim Sukses pasangan Zaenal Arifin-Edi Cahyana (Padi) dan pasangan HM Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto (Zaroh). Kedua tim sukses membacarakan ikrar dan kemudian menandatangani komitmen mewujudkan pilkada damai.

Setelah itu, Panwas dan KPU menaiki sepeda onthel kuno bersama tim sukses Padi dan Zaroh dari kampung ke kampung, termasuk melewati Pasar Sraten untuk menyapa masyarakat.

Mereka juga membawa pengeras suara dan spanduk bertuliskan Pilkada Damai. Mereka mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dengan memilih pasangan calon sesuai hati nurani.

Politik Uang

Warga juga diminta menolak jika ada oknum yang akan membagikan uang maupun menyebarkan berita hoaks dan kampanye hitam.

Mujib menegaskan bahwa seluruh jajaran Panwas akan bertindak adil demi mewujudkan Pilkada berintegritas. Ia mempersilahkan masyarakat untuk melaporkan ke panwas jika ada indikasi pelanggaran pemilu.

Kegiatan ini mengambil start Dusun Pandean, Desa Deyangan menuju Dusun Gadungan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan. Dusun Pandean dipilih karena merupakan Kampung Antimoney Politics yang diluncurkan langsung Ketua Bawaslu RI Abhan pada 14 Februari lalu.

Dusun Pandean merupakan Kampung Antimoney Politics kedua setelah Dusun Sawangan, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan. Kampung Anti Money Politics ini merupakan program unggulan Panwaskab Magelang untuk memberantas politik uang selama perhelatan pilkada.

Anggota KPU Kabupaten Magelang Wardoyo menilai kegiatan ini sangat baik untuk menggairahkan masyarakat mensukseskan Pilkada. Lewat kegiatan ini, Panwas dan KPU berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Magelang akan meningkat. “Suasana pilkada di Magelang sudah kondusif, kami mengajak masyarakat mempertahankan suasana damai ini.

Sebentar lagi Ramadhan dan Lebaran mari waspadai politik uang dan modusmodus lain untuk mempengaruhi suara masyarakat,” kata Komisioner Panwaskab Magelang Aini Sumarni Chabibah. (MH Habib Shaleh-26)


Berita Terkait
Komentar