Kirab 35 Tumpeng untuk Hari Buruh

DEMO BURUH : Aliansi Rakyat Pekerja Yogyakarta, di seputaran Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Selasa (1/5) (atas) . Para buruh di Kabupaten Temanggung menggelar kirab tumpeng keliling kota, Selasa (1/5). (26)
DEMO BURUH : Aliansi Rakyat Pekerja Yogyakarta, di seputaran Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Selasa (1/5) (atas) . Para buruh di Kabupaten Temanggung menggelar kirab tumpeng keliling kota, Selasa (1/5). (26)

TEMANGGUNG - Peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia di Temanggung diisi dengan kirab puluhan tumpeng berkeliling kota Temanggung, Selasa (1/5). Kirab yang dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Temanggung Sudaryanto di halaman Pendapa Pengayoman ini diawali dengan pertunjukkan grup musik kulintas gabungan dari Satlinmas, TNI, dan Polri.

Kemudian disusul rombongan pembawa 35 tumpeng, yang masing-masing tumpeng dipikul oleh empat orang, terdiri atas perwakilan buruh, TNI, dan Polri.

Usai dikirab keliling menyusuri jalan protokol, tumpeng kemudian dihidangkan dan dimakan bersama-sama oleh para buruh, tamu undangan, dan termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Temanggung di Pendapa Pengayoman.

Mereka berbaur menjadi satu tanpa ada sekat pejabat ataupun rakyat. Pada kesempatan itu, juga diisi pengajian yang disampaikan anggota Babinkamtibmas dari Kecamatan Jumo, yakni Bripka Sucipto.

Dia kebetulan merupakan juara I dai Kamtibmas tingkat Polda Jateng. Kapolres AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, Forkopimda Temanggung memfasilitasi kegiatan ini supaya aspirasi dari para buruh untuk merayakan May Day terlaksana dengan baik.

“Kami kemas dalam kegiatan budaya dan keagamaan seperti ini yang intinya adalah doa bersama. Para buruh mendoakan para pengusaha agar sukses, Sebaliknya, para buruh juga didoakan para pengusaha supaya sehat semuanya bisa bekerja dengan baik dan kami mendukung kegiatan ini,” katanya.

Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Sudaryanto menuturkan kegiatan ini merupakan ide yang luar biasa untuk mewujudkan Temanggung yang tetap sejuk, damai, dan sejahtera. “Tumpeng yang berbentuk kerucut ini melambangkan semua menuju Tuhan, berdoa kepada Tuhan. Jangan sampai di Hari Buruh ini ada yang terluka atau rusak,” katanya.(K41-26)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar