Puluhan Liter Miras Diamankan

BANYUMAS - Anggota Polsek Sokaraja mengamankan puluhan liter minuaman keras tradisional. Miras jenis tuak dan ciu itu diamankan dari sejumlah pedagang di wilayah Desa Sokaraja Kidul dan Desa Sokaraja Kulon, Senin (30/4) malam.

Kapolres Banyumas, AKBPBambang Yudhantara Salamun melalui Kapolsek Sokaraja, AKPKusnadi, mengatakan miras tersebut diamanakan dari empat lokasi berbeda dalam bentuk kemasan kecil dan besar dengan total sekitar 68 liter. Dia mengatakan di Sokaraja Kidul mengamankan 28 liter miras, masingmasing dari warung milik Hadi sebanyak 20 liter ciu, warung milik Sartini 2 liter dan warung milik Sukesih sebanyak 6 liter. Pihaknya juga mengamankan 40 liter tuak dari warung milik Vinalius di Sokaraja Kulon.

"Untuk menindaklanjuti perintah pimpinan, kami menggelar operasi miras di sejumlah lokasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pilkada dan bulan Ramadan yang akan tiba sebentar lagi," katanya, kemarin.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan itu juga untuk menyikapi banyaknya kasus miras yang menyebabkan kroban jiwa di sejumlah daerah. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menekan angka kejahatan akibat penyalhgunaan miras.

"Ini adalah bagian dari bentuk pelayanan kepada masyarakat, karena peredaran miras selama ini telah meresahkan sebagian besar masyarakan. Polri khususnya polsek sokaraja hadir untuk memberantas peredaran miras," ujar dia. Dia mengatakan penjual miras yang terjaring razia Senin malam seluruhnya telah didata. Untuk membuat efek jera, para penjual miras akan diproses sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami akan terus melakukan upaya pemberantasan peredaran miras untuk menjaga situasi kamtibmas. Kami meminta kepada masyarakat agar tidak menjual dan menggunakan miras karena akan menimbulkan efek negatif," kata dia. (fz-20)


Komentar