Kerusakan Jalan Mulai Dipetakan

PEMALANG - Kerusakan jalan-jalan utama di Kabupaten Pemalang mulai dipetakan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Salah satunya adalah Jalan Perintis Kemerdekaan mulai dari Beji hingga Gandulan, KecamatanTaman.

Kepala DPUTR Supriantopo melalui Kepala Bidang Bina Marga Iman Santoso mengatakan, pemetaan itu untuk mengetahui titik-titik kerusakan. ”Setelah diketahui titiktitik kerusakan selanjutnya ditandai dengan cat putih lalu dilakukan perbaikan oleh PTWaskita Karya,” ujar Imam saat dimintai konfirmasi wartawan, baru-baru ini.

Jalan Perintis Kemerdekaan masuk dalam kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang dan PT Waskita Karya. Sebab, ruas ini digunakan sebagai jalan pendukung untuk pengangkutan material tol.

Karena itu, pelaksana jalan tol berkewajiban memulihkan kondisi seperti semula ketika belum digunakan untuk penunjang pembangunan tol. ”Panjang Jalan Perintis Kemerdekaan yang kami petakan ini mencapai 4,2 kilometer dengan lebar bervariasi 12-15 meter. Namun, dalam perjanjian perbaikan hanya dilakukan terhadap titik-titik kerusakan saja dan tidak dilapisi aspal semua,” paparnya.

Sementara itu, perbaikan tidak hanya asal tambal di lubang, tetapi dengan model blok. Model ini diharapkan akan lebih awet. Untuk pengerjaan diperkirakan dalam waktu satu minggu, sehingga bisa digunakan dengan aman ketika Idul Fitri.

Dia menyebutkan, pemetaan dan perbaikan terhadap Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan yang keempat. Sebelumnya penanganan sudah dilakukan di Jalan Ternate, Halmahera, Jebed-Kendalsari-Blok Sirayak. Untuk tahap berikutnya adalah Jalan Piere Tendean (Pasar Banjardawa), Jebed-Sungapan, kemudian Sungapan-Paduraksa. (K40-38)