Tabung Gas Meledak Ludeskan Rumah Sopiah

PEKALONGAN-Rumah Sopiah (65), warga RT 2/ RW 1 Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat ludes terbakar, Senin (30/4). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang berlangsung sekira pukul 11.00 tersebut.

Salah seorang tetangga Sopiah, Edi Purnomo mengatakan, dirinya mendengar suara ledakan sebelum kebakaran terjadi. Kemudian ia keluar rumah untuk mengecek sumber ledakan. Dia melihat rumah Sopiah sudah terbakar dengan api yang cukup besar. "Setelah melihat kejadian itu, saya meminta pertolongan warga sekitar dan menghubungi petugas pemadam kebakaran,”terangnya.

Warga kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Diperkirakan, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik yang menyebabkan magic com terbakar dan menjalar ke tabung gas sehingga meledak. Rumah Sopiah sendiri, terbuat dari kayu papan sehingga api dengan mudah membakar bangunan yang ada. Adapun Sopiah tinggal bersama dua anak dan seorang cucunya.

Saat kejadian tersebut, korban tengah mengikuti haul di Sapuro. Kapolsek Pekalongan Barat Komisaris Polisi Hanafi Umar mengatakan, setelah mendengar terjadinya kebakaran, pihaknya bersama dengan tiga mobil pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi. "Sekitar setengah jam kemudian, api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari TNI, Brimob, damkar (pemadam kebakaran) dan masyarakat setempat,”terangnya.

Pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran karena sedang dalam proses penyelidikan. Begitu pula nilai kerugian yang dialami Sopiah akibat kebakaran tersebut, belum dapat diketahui secara pasti. Namun diperkirakan, kerugian ditaksir sekitar Rp 100 juta. (K30-58)