Baznas Rehab 11 Rumah Tak Layak Huni

SEMARANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang membantu merehab 11 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kelurahan Wonotingal, Candisari, akhir pekan lalu.

Masing-masing KK menerima bantuan sebesar Rp 2 juta dalam bentuk perbaikan rumah. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pengobatan gratis bagis sekitar 150 warga. Sebelumnya diawali dengan senam bersama. Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, meski nilai bantuan tidak besar, namun diharapkan bisa meringankan beban warga.

Menurutnya dengan semangat kebersamaan dan gotong royong satu persatu kondisi rumah tidak layak huni di Kota Semarang akan bisa diatasi. ”Kondisi rumah tidak layak huni masih kita dijumpai di wilayah perkotaan, meskipun di sekitar lokasi tersebut berdiri hotel dan apartemen. Program rehab RTLH sebagai bentuk kepedulian Baznas Kota Semarang,” ujarnya.

Pihaknya berharap, agar pegawai ASN di lingkungan Kecamatan Candisari memiliki kesadaran yang maksimal untuk membayar zakat melalui Baznas Kota Semarang. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mengurangi warga miskin. ”Kami mengapresiasi atas apa yang dilakukan camat candisari dan warganya dalam upaya percepatan pengentasan kemiskinan khususnya di Kecamatan Candisari dengan selalu bersinergi dengan Baznas,” imbuhnya.

Sukinem warga RT 1 RW 4 Wonotingal yang menerima bantuan menyampaikan terimakasih atas program tersebut. Menurutnya sudah 10 tahun rumahnya belum diperbaiki. ”Dinding rumah terbuat dari papan sudah mulai lapuk dan berlubang. Sebenarnya saya mengumpulkan uang tiap hari, tapi karena ada kebutuhan mendadak jadi belum mampu memperbaiki rumah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi yang hadir dalam kesempatan tersebut berpesan kepada warga agar menanamkan budaya hidup sehat, dengan tidak sebarangan buang air besar (BAB). Dia menekankan agar setiap rumah memiliki jamban yang dilengkapi septictank. ”Kota Semarang 2018 ini memiliki target bebas BAB. Untuk itu kami berharap kerjasamanya dari berbagai elemen termasuk Baznas Kota Semarang maupun perusahaan swasta bahumembahu bersama Pemerintah Kota Semarang untuk mewujudkan target tersebut,” tandasnya. (fri-61)