Ratusan Buruh Ikuti Porseni Tripartit Peringati Hari Buruh

PEKALONGAN- Dalam rangka memperingati Hari Buruh, ratusan buruh dari berbagai perusahaan di Kota Pekalongan mengikuti kegiatan olahraga dan kesenian dalam Porseni Tripartit, Selasa (1/5).

Kegiatan tersebut diawali dengan orasi dari Federasi Serikat Pekerja Nasional (FSPN) di Monumen Juang 45. Setelah itu, peserta bergabung dengan buruh lainnya untuk mengikuti ”Senam Pekerja Zaman Now” di halaman Setda Kota Pekalongan, lalu dilanjutkan jalan sehat. Rombongan peserta jalan sehat dilepas pleh Wali Kota Mochammad Saelany Machfudz.

Hadir pada acara itu, Sekda Sri Ruminingsih, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Slamet Hariyadi, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Wiwik Septi Herawati dan M Bowo Leksono. Peserta jalan sehat menempuh rute di antaranya Jalan Kurinci, Jalan Slamet, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit dan kembali ke Jalan Mataram.

”Kami menggelar senam dan jalan sehat pada peringatan Hari Buruh ini untuk menepis stigma bahwa tidak selamanya Hari Buruh diperingati dengan demo. Pada acara ini, kami sinergikan dengan seluruh elemen,” terang Septi Herawati.

Persoalan Industrial

Sementara itu, Wali Kota mengatakan, permasalahan ketenagakerjaan sangat kompleks. Salah satu permasalahan adalah hubungan industrial. ”Kami mengharapkan keberadaan tripartit didukung semua pihak, termasuk dalam rangka menciptakan iklim kondusif guna mewujudkan kesejahteraan buruh dan kelangsungan usaha,” imbuhnya.

M Bowo Leksono menambahkan, peringatan Hari Buruh dijadikan sebagai momentum untuk menggelorakan semangat komunikasi dengan pihak-pihak tertentu. Lebih lanjut ditegaskan pihaknya akan terus menyuarakan hal-hal yang dinilai merugikan buruh.

Salah satunya Peraturan Pemerintah (PP) No 78/2015 tentang Pengupahan. ”PP 78/2015 tetap kami tolak. Hal-hal yang mendholimi buruh, akan terus kami suarakan dan dengungkan. Kami akan terus berjuang agar bisa mendapatkan hak-hak hidup layak,” tegasnya. (K30-69)