Komunitas Cagar Budaya Gelar Napak Tilas

BANJARNEGARA - Sekelompok anak muda yang didominasi para pelajar tingkat SLTA tergerak untuk makin mengenal berbagai benda cagar budaya di Banjarnegara dengan membentuk Komunitas Cagar Budaya.

‘’Awalnya dari obrolan beberapa teman untuk lebih mengenal sejarah lokal, sehingga dibentuk komunitas itu. Kegiatan awalnya yakni menggelar napak tilas cagar budaya ini,’’ kata Koordinator Acara Mujib Nur Wahid, di sela-sela persiapan pelaksanaan Napak Tilas Cagar Budaya Banjarnegara, kemarin.

Kegiatan perdana itu dimulai dari halaman kantor pos kota, kemudian menuju ke gedung SMA/SMK Cokroaminoto yang berada di seberang kantor pos. Di lokasi tersebut, guru Sejarah SLTA yang menjadi pembina Komunitas Cagar Budaya, Heni Purwono, menjelaskan, keberadaan prasasti Pandu yang ada di kompleks sekolah itu.

Kandungan Makna

Prasasti itu menjelaskan, kata Pandu, yang bermakna menunjuk ke arah yang baik kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain, diucapkan oleh yang utama H Agus Salim pada Kongres Pertama Syarikat Islam Afdeling Pandu (SIAP) tanggal 9 April 1928. Heni menjelaskan, ada sejumlah tokoh asal Banjarnegara yang menasional pada zaman pergerakan dan upaya kemerdekaan.

Karena itu, anak-anak muda perlu tahu hal tersebut sehingga memahami bahwa dari kota kecil Banjarnegara sejak dahulu sudah lahir tokoh-tokoh nasional. Perjalanan kemudian dilanjutkan hingga ke stasiun kereta api Banjarnegara yang berada di Kelurahan Semarang Kidul. Sepanjang perjalanan, para peserta saling berdiskusi dan tukar informasi mengenai aspek sejarah berbagai lokasi yang dikunjunginya.

‘’Sebenarnya ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan rembuk budaya beberapa waktu lalu. Kami ingin anak muda dan masyarakat Banjarnegara serta pemerintah daerah peduli terhadap upaya pelestarian cagar budaya,’’ kata Heni Purwono. Pemkab bisa berperan dengan melakukan pendataan dan registrasi cagar budaya. Selanjutnya melaksanakan sosialisasi, sehingga masyarakat makin tahu dan timbul rasa memiliki serta melestarikan. (H25-46)


  • Tags
Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar