Rencana Penambangan PT KPBS Kandas

Ditolak Warga dan Karang Taruna

BAGELEN  -  Rencana penambangan yang dilakukan PT Kulon Progo Bumi Sejahtera (KPBS) kandas, setelah warga Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Purworejo menolak eksplorasi di wilayah setempat.

Direktur PT KPBS Ratna S mengaku tidak akan memaksa warga untuk menerima industri pertambangan di Krendetan. Kehadiran PT KPBS di Krendetan berawal ingin meneliti kandungan bebatuan tanah Krendetan seluas 37 hektare. Dan rencana tersebut telah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi Jateng sejak 17 November.

“Tapi apa daya, ternyata warga menolak. Padahal kami ke sini hanya kula nuwun untuk melakukan pengukuran geometrik. Dan kami pun tidak akan memaksa jika warga menolak,” kata Ratna saat sosialisasi rencana eksplorasi penambangan di balai desa Krendetan, Rabu (20/12).

Puluhan warga perwakilan dari berbagai dusun yang hadir di balai desa itu menilai, kegiatan penambangan di Desa Krendetan tidak akan memberikan manfaat bagi warga namun justru sebaliknya, membuat petaka.

Sambut Bandara

“Kami resah dengan rencana dari PT Kulon Progo yang ingin mengeksploitasi tanah kami, kami satu dusun khususnya di dusun Nadri menyatakan menolak rencana tersebut,” ungkap warga setempat, Edi Santoso dihadapan direktur PT KPBS, perwakilan Dinas ESDM, LH, muspika, jajaran Polsek dan sejumlah perangkat Desa Krendetan.

Penolakan warga, lanjut Edi, juga pernah disampaikan saat salah satu CV ingin melakukan penambangan di tempat yang sama. “Seharusnya pemerintah tahu, kan kita sudah pernah menolak CV yang mau menambang di sini, dan itu belum lama. Kok ini mau ada lagi,” kata Edi.

Terlebih, urusan terkait rencana penambangan dari PT KPBS itu tidak pernah melibatkan warga. Sementara saat dilaksanakan sosialisasi kemarin sudah mendapatkan izin dari provinsi.

Lebih lanjut, penolakan warga juga didasari adanya rencana dari Karang Taruna Desa Krendetan yang akan membuat destinasi wisata pegunungan, guna menyambut hadirnya bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). (K5-26)


  • Tags
Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar