UMKM

ICSB-Kadin Jateng Sinergi Majukan UMKM

SM/Irawan Aryanto  -  FOTO BERSAMA : Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah (Jateng), Kukrit Suryo Wicaksono berfoto bersama pengurus International Council for Small Business (ICSB) Korwil Jateng di Kantor Kadin Jateng, Menara Suara Merdeka, Jalan Pandanaran No 30 Semarang, Kamis (23/1). (46)
SM/Irawan Aryanto - FOTO BERSAMA : Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah (Jateng), Kukrit Suryo Wicaksono berfoto bersama pengurus International Council for Small Business (ICSB) Korwil Jateng di Kantor Kadin Jateng, Menara Suara Merdeka, Jalan Pandanaran No 30 Semarang, Kamis (23/1). (46)

SEMARANG - International Council for Small Business (ICSB) Koordinator Wilayah Jawa Tengah (Korwil Jateng) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng berkomitmen untuk terus bersinergi.

Salah satunya, meningkatkan kualitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jateng.

Komitmen itu disampaikan Ketua ICSB Korwil Jateng, Hasan Abdul Rozak saat berdialog dengan Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono di Kantor Kadin Jateng, Menara Suara Merdeka, Jalan Pandanaran No 30 Semarang, Kamis (23/1).

Dialog itu dalam rangka persiapan rapat kerja nasional (Rakernas) kedua ICSB.

”Misi kami ingin membawa UMKM naik kelas, go international,” kata Hasan.

Terkait program dan organisasi, dia menjelaskan, ICSB memiliki struktur sampai tingkat kecamatan serta penguatan internal pengurus.

Untuk mendukung penguatan sumber daya manusia (SDM), ICSB rutin menggelar pelatihan, workshop, talk show, pembukuan, dan lain-lain.

”Korwil Jateng sudah terbentuk 26 korda (koordinator daerah) kabupaten/kota. Bahkan, di wilayah tertentu sampai tingkat kecamatan. Ini memang butuh komitmen kuat dari pengurus itu sendiri,” ujarnya.

Penggerak Ekonomi

Sementara itu, Kukrit mengungkapkan, Kadin Jateng berkomitmen meningkatkan kualitas SDM dan produk UMKM.

”Karena sebenarnya UMKM menjadi penggerak ekonomi yang paling riil dan tahan banting,” kata Kukrit didampingi Direktur Eksekutif Kadin Jateng, Yunita D Prasetyanti.

Kukrit yang juga CEO Suara Merdeka ini melanjutkan, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat perlu bergandeng tangan dengan seluruh elemen, termasuk ICSB yang fokus dengan sektor UMKM.

”Adanya ICSB yang fokus pada pengembangan SDM dan UMKM, maka kami sangat terbantu. Bahkan yang terpenting ialah, sinergi program bersama antara Kadin Jateng dan ICSB Jateng,” ujarnya.

Ketua ICSB Korda Karanganyar, Joko Sutrisna mengatakan, program ICSB tidak sekadar seremonial, tetapi sudah menyentuh pelaku UMKM.

”Kami langsung turun sampai tingkat kelurahan, dan kecamatan untuk pendampingan skill up dengan metode yang sudah disiapkan. Hampir setiap sepekan kami adakan pelatihan, semua berjalan lancar,” kata Joko yang hadir bersama Ketua Kadin Karanyanyar, Mulyono.

Ketua Panitia Rakernas Kedua ICSB, Anjas Parwoto menambahkan, Rakernas akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 13-14 Maret di Karanganyar.

Konsep yang akan diangkat back to village. ”Kami akan bawa pada suasana desa yang sejuk dan rindang. Acara ini akan diikuti 1.500 peserta,” kata Anjas. (arw- 46)