TNI/Polri Bantu Warga Bersihkan Lumpur

Pascabanjir di Desa Trimulyo

DEMAK - Kodim 0716/Demak bersama Polres mengerahkan personelnya untuk bekerja bakti membantu masyarakat Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, membersihkan lingkungan setelah banjir, Selasa (14/1).

Selain membersihkan fasilitas umum seperti mushala, masjid dan sekolah, mereka juga membersihkan rumah-rumah warga yang kotor penuh lumpur.

Semua rumah warga di Dukuh Gobang, Desa Trimulyo, terdampak paling parah. Hampir di seluruh bagian rumah menyisakan lumpur. Untuk membersihkan perlu upaya ekstra karena air yang tersisa di lingkungan sekitar kondisinya keruh dan berlumpur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama PMI Kabupaten Demak mengirim sejumlah mobil tangki yang membawa air bersih. Bantuan air bersih bukan hanya untuk keperluan konsumsi masyarakat melainkan membantu membersihkan rumah-rumah warga.

Kegiatan bersih rumah dilakukan oleh semua warga setelah mereka kembali dari pengungsian. Tidak sedikit sukarelawan yang ikut terjun membantu warga, termasuk petugas BPBD, PMI, Dinputaru, Dinperkim, Banser, Bagana, Tagana dan pemerintah Kecamatan Guntur.

Kabag Ops Polres Demak Kompol Son Haji yang ikut dalam kerja bakti tersebut, mengatakan, untuk membersihkan fasilitas umum dan rumahrumah warga tidak cukup dikerjakan sehari. Mengingat lumpur sisa banjir akibat jebolnya tanggul Kali Tuntang relatif banyak.

”Sebagian besar lantai rumah warga rendah, sehingga kemasukan air lumpurnya banyak. Begitu banjir menyusut, menyisakan lumpur di seluruh ruang rumah,” papar Son Haji.

Bersihkan Fasilitas Umum

Personel Polres Demak dan Kodim diprioritaskan untuk kerja bakti membersihkan fasilitas umum, terutama mushala, masjid dan sekolah. Setelah itu baru bergeser membantu di rumah-rumah warga. Proses bersih-bersih lingkungan desa tersebut berlangsung cukup berat, karena hampir semua halaman rumah warga penuh air berlumpur.

Sehingga sebelum masuk rumah harus melewati genangan air berlumpur. Danramil 10/Guntur Kapten Cba Haryono yang ikut bersama masyarakat dalam kerja bakti tersebut memberikan semangat kepada anggotanya.

Menurutnya, penanganan bencana tidak hanya berlangsung saat peristiwa terjadi, namun juga pasca bencana. Seperti perbaikan fasilitas umum dan membantu masyarakat agar rumah mereka dapat kembali ditempati.

”Kodim 0716/Demak terpanggil untuk membantu masyarakat membersihkan lingkungan pasca banjir yang terjadi kemarin,” ucap Danramil Haryono. Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Agus Nugroho LPmengatakan, pemulihan pasca bencana dilakukan dengan melibatkan sejumlah komponen masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi tingginya peran dan partisipasi Polres Demak, Kodim, PMI, sejumlah organisasi kemasyarakatan, sukarelawan, BUMN, BUMD, OPD maupun masyarakat yang terlibat langsung dalam membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Guntur yang terdampak banjir. (H1-48)


Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar