• KANAL BERITA

Teknologi Bedah Makin Canggih

SEMARANG - Metode bedah dalam dunia kedokteran makin canggih seiring dengan teknologi yang makin maju. Hal itu diungkapkan dr Ari Adrianto SpB-KBD baru-baru ini di Kota Semarang.

”Pada bidang saya misalnya, yakni bedah usus, sekarang sudah ada alat canggih yang bisa dimasukkan ke usus untuk operasi. Jadi tak perlu lagi operasi bedah yang seperti dulu,” katanya saat memimpin rombongan Bagian Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menjalankan bakti sosial di Panti Asuhan Betlehem Bala Keselamatan.

Meski alat tersebut kecil, kondisi pasien saat operasi tetap harus dibius total. Dia juga mengatakan, Semarang merupakan salah satu daerah yang maju dalam praktik operasi bedah.

Ari kemarin menjadi penanggung jawab acara bakti sosial berupa khitan massal di panti asuhan tersebut. Didampingi dr Edmond Rukmana Wikanta MSi Med SpB(K)OnK, dia mengungkapkan ada sekitar 20 anak yang mendaftarkan diri untuk dikhitan. ”Ada sekitar 20 anak yang mendaftar. Mereka tak hanya keluarga panti di sini tapi juga dari lingkungan sekitar,” terangnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Natal serta peringatan tahun baru. ”Pada peringatan kali ini, kami mengusung tema Menjadi Sahabat Tuhan dan Sesama di Sekitar,” tambahnya. Sementara Edmond menambahkan, para peserta khitan nanti juga akan mendapat perawatan hingga pulih.

”Kami akan kembali untuk memeriksa kondisi anak-anak. Selain itu, mereka juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat,” terangnya. Ketua Panitia dr. Michael Anthony mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan staf Bagian Bedah FK Undip dan residen Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Undip yang berjumlah 30 tenaga medis.

Pihaknya ingin berkontribusi lewat pengabdian masyarakat selain bagian dari pengembangan dan edukasi ilmu bedah. Staf Tata Usaha Panti Asuhan Betlehem Bala Keselamatan Triyoga Sanjata mengungkapkan, pihaknya mengasuh beberapa anak yang sebagian besar adalah laki-laki. Dia berterima kasih atas kegiatan bakti sosial yang digelar Bagian Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Undip tersebut.

Untuk diketahui, tempat tersebut merupakan salah satu panti asuhan tertua di Kota Semarang. Selain panti asuhan, Bala Keselamatan juga memiliki panti jompo, sekolah, serta rumah sakit dan juga beberapa gereja. Ikut mendampingi panitia kemarin yakni Prof Dr dr I Riwanto SpB-KBD dan dr Agus Priambodo SpB SpOT(K) sebagai pelindung serta dr Agung Aji SpBA dan dr Najatullah SpBP-RE sebagai penasehat.(H35-56)


Berita Terkait
Komentar