SEA GAMES

Garuda Muda Siap Amankan Tiket Semifinal

SM/Antara  -  MEMUNGUT BOLA : Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay dan Egy Maulana Vikri memungut bola seusai mencetak gol ke gawang Timnas Brunei Darussalam dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). (55)
SM/Antara - MEMUNGUT BOLA : Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay dan Egy Maulana Vikri memungut bola seusai mencetak gol ke gawang Timnas Brunei Darussalam dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). (55)

MANILA - Timnas Indonesia U-23 siap menghadapi Laos pada laga terakhir penyisihan grup B SEAGames 2019 di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12). Para pemain akan berjuang untuk mendapatkan kemenangan sekaligus mengamankan tiket ke babak semifinal.

Peluang skuad Garuda Muda ke semifinal kembali terbuka lebar setelah sukses mengalahkan Brunei Darussalam dengan kemenangan besar 8-0, Selasa (3/12) malam.

Hasil itu menempatkan tim polesan Indra Sjafri ke peringkat dua klasemen, menggusur Thailand dengan keunggulan selisih gol. Setelah melawan Brunei, para pemain Indonesia hanya menjalani latihan ringan dengan tujuan pemulihan kondisi fisik dan stamina.

Anggota tim berlatih di taman Pusat Kebudayaan Filipina yang berada di depan hotel tempat penginapan tim pada Rabu sore. ”Pemain sudah recovery, tidak ada yang cedera dan siap tampil. Kita akan menentukan sendiri nasib kita untuk melangkah ke semifinal,” kata Indra Sjafri.

Ditambahkan, pemain diminta tetap respek kepada Laos dengan tidak memandang remeh kekuatan mereka. Menurut dia, persaingan di Grup B memang sangat ketat. Selain Indonesia, Vietnam dan Thailand masih berpeluang lolos ke semifinal.

Karena itu, mantan pelatih timnas U-19 tersebut meminta kepada pemain untuk tidak banyak membuat kesalahan dan fokus pada permainan taktik dan strategi yang sudah dia siapkan. Striker Indonesia, Osvaldo Haay juga mengaku sangat siap untuk melawan Laos.

”Kemenangan atas Brunei seperti memberi kita energi baru. Mudah-mudahan kami juga bisa tampil lebih bagus dan memenangkan pertandingan lawan Laos,” kata Osvaldo, yang pada laga melawan Brunei mencetak tiga gol. Hal senada juga diungkapkan Evan Dimas.

Menurut Evan, semua pemain harus bermain tenang dan fokus pada taktik dan strategi tim. ”Laos mungkin akan bermain bertahan,” ujarnya. Indonesia wajib menang melawan Laos dengan selisih gol sebesarbesarnya jika ingin mengamankan kelolosan ke babak semifinal.

Pasalnya, Indonesia saat ini punya raihan poin yang sama dengan Thailand berupa sembilan angka dan menduduki posisi kedua klasemen Grup B. Namun, Indonesia surplus satu gol usai menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam.

Di atas kertas Indonesia diuntungkan di laga pemungkas karena ”hanya” menghadapi Laos, tim dengan catatan kemasukan gol terbanyak kedua di Grup B. Adapun Thailand harus bertemu pemuncak klasemen sementara Vietnam yang punya koleksi 12 poin.

Jika Vietnam versus Thailand tuntas dengan hasil imbang, maka Indonesia otomatis lolos ke semifinal kalau menang atas Laos. Dalam aturan SEAGames 2019, tim terbaik ditentukan oleh selisih gol jika poin sama. Seandainya selisih gol tidak berbeda, tim terunggul dilihat dari agresivitas gol. (K4-47)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar