SANKSI KARENA EMOSI

LONDON -Gara-gara emosi, Raheem Sterling dipastikan tak bermain saat Inggris menjamu Montenegro dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A di Stadion Wembley, London, Jumat (15/11) dini hari WIB.

Sterling diparkir setelah berseteru dengan rekan setimnya, Joe Gomez. Pertengkaran itu terjadi ketika bintang Manchester City ini dan dan Gomez berada di kamp latihan timnas Inggris pada Senin (11/11).

Menurut media-media Inggris, Sterling tak suka dengan Gomez yang tibatiba merangkulnya di kantin markas The Three Lions, dan malah mencekik kompatriotnya itu. Para pemain Tiga Singa lain langsung melerai. Pelatih Gareth Southgate akhirnya memutuskan untuk memarkir Sterling dari skuad, dan akan absen melawan Montenegro. Dia menyayangkan emosi mantan pemain Liverpool itu masih terbawa di timnas.

“Salah satu tantangan terbesar sekaligus kekuatan kami adalah mampu memisahkan rivalitas klub dari tim nasional,” ujar Southgate. Dia menjelaskan tindakan ini demi kebaikan tim. Sanksi ini diambil berdasarkan keputusan semua anggota skuad.

Efek Big Match

Sterling dan Gomez memang terlibat duel sengit saat Liverpool mengalahkan The Citizens 3-1 pada big match Liga Primer Inggris di Anfield, Minggu (10/11). Kala itu Gomez menjaga ketat Sterling dan membuat wingerCity itu emosi. Gomez lantas meladeni Sterling, sebelum dipisahkan oleh para pemain lain. Lucunya, setelah pertandingan selesai keduanya saling berpelukan. Lewat Instagram, Sterling mengaku memang emosi.

Namun, dia menegaskan masalahnya dengan Gomez sudah tuntas. “Kami memahami satu sama lain, dan sudah move on. Kami berada dalam olahraga di mana emosi berjalan tinggi, dan saya mengakui emosi memang menguasai saya,” tulis Sterling. Tanpa winger lincah itu, bukan masalah bagi Southgate. Sebab, dia punya stok pemain sayap berlebih.

Ada Jadon Sancho dan Callum Hudson- Odoi yang bisa mengisi posisi Sterling. Pasukan Tiga Singa hanya butuh tiga poin untuk meraih tiket ke putaran final. Tiga hari setelah meladeni Montenegro, Harry Kane dan kolega bakal menghadapi Kosovo. (bbc,A7-17)