Teringat Nyi Misni, Terbayang Wajah Christine

Oleh Eko Edi N

SM/dok
SM/dok

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor pertama Christine Hakim. Ia diincar sang sutradara Joko Anwar, selama 10 tahun. Didapuk memerankan Nyi Misni tanpa casting, sang bintang hanya berujar pendek, ”Apa tampang saya sesadis itu?”

Joko Anwar yang menulis naskah film ini mengaku, saat menciptakan karakter Nyi Misni, wajah Christine Hakim yang berkelebatan di benaknya. Skenario Perempuan Tanah Jahanam rupanya sudah disiapkan sejak 2009 lalu. Joko Anwar yang menulis naskah film ini mengakui, saat menciptakan karakter Nyi Misni, wajah Christine Hakim yang terbayang.

Itu sebabnya, Joko Anwar membujuk Christine Hakim agar bersedia tampil di Perempuan Tanah Jahanam. Gayung bersambut. Kolektor delapan Piala Citra itu bersedia tampil sebagai Nyi Misni. Christine Hakim tersanjung diincar Joko Anwar selama satu dekade.

”Sejak 10 tahun lalu saat menulis cerita ini, Joko Anwar membayangkan saya yang main. Sebentar, apa (wajah) saya sesadis itu di matamu?” tanya Christine Hakim kepada Joko Anwar.

Sang sutradara tertawa lalu merangkul Christine Hakim. ”Tanpa kepercayaan sutradara saya tak mungkin yakin mengambil proyek ini,” sambung bintang film Pendekar Tongkat Emas dan Kartini. Usai membaca skenario, Christine Hakim shock.

”Saya bertanya kepada Tuhan (dalam doa), bukan protes, sih. Saya tanya kenapa selama 40 tahun berkarier saya diberi jalur yang berbeda dari (film horor) ini. Saya terjun ke dunia film bukan untuk terkenal atau kaya raya karena ada yang lebih terkenal daripada saya.

Saya juga tidak lebih kaya dari Joko Anwar,” Christine Hakim menyambung. Naskah itu membuat Christine Hakim percaya setiap peran adalah amanat. Apalagi setelah ia tahu semua pemain Perempun Tanah Jahanam diaudisi kecuali dirinya.

Peran Antagonis

Aktris senior itu ternyata belum pernah sama sekali berperan di film horor sepanjang kariernya sejak debut 1973. Kenapa akhirnya dia bersedia bermain di film horor? ”Dalam film ini ada pesan penting sekali yang harus di sampaikan ke masyarakat.

Pesan ini akan sangat berguna kalau berhasil ditangkap oleh penonton,” ungkap aktris 62 tahun itu. Melangkah di karpet merah film Perempuan Tanah Jahanam, Christine Hakim tak peduli disorot kritikus dan para pencinta film. Sebab di film horor pertamanya ini, ia tak kehilangan pamor kebintangannya.

Joko mengaku membawa Christine ke mimpi. ”Sering kebawa mimpi karena dulu intens. Kayak kenal enggak kenal sama karakter Nyi Misni ini. Ya karakter ini Christine Hakim. Sampai kita kejar ke Jogja,” kata Joko saat jumpa pers di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

Christine mengatakan, dalam film yang diproduksi oleh Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, Rapi Film, dan CJ Entertainment, bemain dengan sepenuh hati. Dia mengaku perasaannya campur aduk. Christine memerankan Nyi Misni yang sudah lama tinggal di desa yang jarang dikunjungi.

Karakter dan adegannya sebagai tokoh antagonis itu cukup menegangkan. ”Pada saat saya diminta karena banyak kejutan di lokasi, what? Saya bersyukur sekali Mas Joko 10 tahun lalu menulis cerita ini sudah membayangkan saya yang mainkan peran tersebut,” tutur Christine lagi. (49)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar