Prabowo Tentukan Sikap 17 Oktober

Gerindra Segera Gelar Rakernas

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menyampaikan sikap politik dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 17 Oktober 2019, apakah menjadi partai oposisi atau bergabung dalam pemerintahan presiden-wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Sikap resmi Pak Prabowo apakah kami akan menjadi mitra kritis atau menjadi mitra internal pemerintahan akan diputuskan sekitar 17 Oktober mendatang,” kata juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

Dia mengatakan, Prabowo meminta dilaksanakan Rakernas pada 15-17 Oktober 2019 di Hambalang, Bogor. Menurut dia, sebelum rakernas, Prabowo akan mendengarkan masukan pimpinan partai dari seluruh wilayah di Indonesia.

“Tempatnya di Hambalang, nanti Pak Prabowo akan menyampaikan kepada publik sikap politik beliau dan sikap politik Gerindra,” ujarnya. Dahnil menjelaskan, Prabowo akan memanggil dan mengundang pimpinan DPD Partai Gerindra seluruh provinsi untuk mendengarkan masukan terkait sikap politik partai tersebut ke depan.

Lobi-Lobi

Gerindra disebut-sebut telah menjalin lobi-lobi dengan pihak Istana soal kemungkinan bergabung ke pemerintahan. Bahkan isu yang beredar menyebutkan, Gerindra akan mendapat jatah tiga menteri. Ketika dikonfirmasi, Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani mengakui ada tawaran dari Istana.

“Pembicaraan itu memang ada dan kami tak bisa mungkiri bahwa ada pembicaraan, ada pemikiran di sekitar Istana untuk itu,” ungkap Muzani.

Lobi-lobi ini mulai terlihat melalui informasi bahwa Gerindra telah menawarkan sejumlah konsep kepada Jokowi sebagai pertimbangan sebelum memutuskan apakah bergabung ke pemerintah atau tidak. Gerindra menjelaskan kembali soal konsep-konsep tersebut.

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, konsep itu berisi ide ketahanan pangan, keamanan, dan energi. Kalau konsep itu diterima, Gerindra akan tahu program prioritas pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin nanti.

“Dan setelah bidang-bidang itu disetujui dari konsep yang mana, baru nanti kita bicara orang,” kata Dasco yang juga Wakil Ketua DPR. “Jadi nggak betul kalau kami langsung bicara tentang orang (calon menteri-Red) atau bidang-bidang, karena sampai saat ini kami masih komunikasikan tentang konsep-konsep yang diberikan kepada pemerintah,” sambungnya.

Karena itu, lanjut dia, Gerindra bakal memutuskan posisi dalam rapat kerja nasional. “Nah, untuk pembicaraan soal masuk atau tidak ke kabinet, Partai Gerindra akan memutuskan dalam rakernas yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat,” jelasnya. (ant,dtc-19)


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar