FAVORIT MELEJIT

FEYENOORD - Belanda menjadi favorit untuk meraih tiga poin saat menjamu Irlandia Utara pada laga kelima kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Jumat (11/10) dini hari WIB.

Rekor Tim Oranye di Feyenoord juga mendukung, karena selalu menang dalam 14 pertandingan terakhir. Kemenangan akan membuat De Oranje melejit ke urutan pertama menggeser Jerman dan Irlandia Utara.

Selain faktor tuan rumah, rekor pertemuan pun mengarah ke Virgil van Dijk dan kolega. Pada pertemuan terkini melawan Green dan White Army dalam uji coba tahun 2012, Belanda menang enam gol tanpa balas. ”Irlandia Utara punya ambisi luar biasa, dan saya terkesan dengan cara bermain mereka,” tutur Pelatih Belanda Ronald Koeman.

Curi Angka

Menurut mantan bek tengah top ini, Pasukan Hijau dan Putih mampu menyulitkan Jerman pada partai kualifikasi sebelumnya. Karena itu, haram bagi skuadnya untuk meremehkan mereka. ”Irlandia Utara memang dikalahkan Jerman 0-2, tapi sebelum kebobolan mereka punya beberapa peluang bagus,” jelas Koeman.

De Oranje bakal turun dengan skema 4- 3-3. Trio lini depan mengandalkan Memphis Depay, Ryan Babel, dan pemain muda Donyell Malen. Depay kembali menjadi tumpuan gol selepas bermain mengesankan dalam dua partai terakhir. Di kubu Irlandia Utara, pelatih Michael O’Neill berharap bisa mencuri angka.

Merebut paling tidak satu poin sangat berharga untuk tetap menjaga asa lolos ke putaran final. ”Setelah kalah dari Jerman, kami butuh kebangkitan ketika menghadapi Belanda. Ini akan menjadi laga yang sulit, tapi kami siap habis-habisan,” ungkap O’Neill. Pria 50 tahun itu menyiapkan formasi 4- 3-3 dan 4-5-1.

Dia tahu hanya dengan bergerak aktif, maka agresivitas lawan bisa diredam. Pasukan Hijau dan Putih bakal bermain defensif dan bertumpu pada serangan balik. Kecepatan menekan balik bakal jadi andalan. Untuk itu, mereka membutuhkan peran John McGinn yang sedang melambung bareng Aston Villa. (sportsmole, uefa.com,A7-17)


Baca Juga
Loading...
Komentar