Gurami Kukus yang Menyehatkan

Pemerintah Sedang gencar-gencarnya menggalakkan program Gemar Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan).

Hotel Noormans Semarang tak ingin ketinggalan untuk berpartisipasi dalam program itu. Inovasi olahan gurami dilakukan agar para pengunjung dan tamu tertarik makan ikan. Dari tangan Executive Chef Noormans Hotel, Andreas Herlambang, dua inovasi sekaligus dilakukan. Pertama, menciptakan menu bernama Thai Steam Gurame, dan kedua Gurame Dua Rasa.

Penasaran, pecinta ikan dapat pesan langsung di hotel yang terletak di Jalan Teuku Umar, Semarang ini. ‘’Ide awalnya, ingin ikut menggalakkan program pemerintah, Gemar Masyarakat Makan Ikan. Menu olahan ikan yang segar dan sehat pun kami buat. Bila biasanya, gurami diolah dengan digoreng, dibakar, atau direbus, kali ini kami olah dengan dikukus,’’imbuh, Andreas. Untuk Thai Steam Gurame, memiliki gaya masak Thailand dan Vietnam. Cara masaknya pun sederhana, gurami berukuran sedang dikukus sekitar 15 menit. Harapannya dengan dikukus, gizi ikan gurami tidak hilang, seperti asam lemak omega 3 yang baik untuk anak, protein, asam amino dan masih banyak lagi. Setelah dikukus, gurami ditambahkan jamur tungku atau shiitake yang sudah diolah sedemikian rupa.

Kesegaran taburan jahe iris, irisan bawang bombai, daun ketumbar, irisan daun bawang yang dipadukan dengan kegurihan saos homemade khas Noormans Hotel Semarang membuat cita rasa gurami ini semakin berwarna. Gurami kukus ini paling nikmat disantap dengan nasi putih yang masih hangat juga. Saran saja, karena porsinya lumayan besar, maka satu gurami kukus ini bisa dimakan dua sampai tiga orang. Kesegaran es teh pun akan menambah nikmat bersantap. Selanjutnya, mengupas menu Gurame Dua Rasa. Sama seperti dikebanyakan restoran, gurami yang sudah dipisahkan dari durinya (fillet) Gurami Kukus yang Menyehatkan Pemerintah Sedang gencar-gencarnya menggalakkan program Gemar Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan). dimasak dengan tepung crispy. Setelah itu diberikan saus yang dipilih sesuai selera. Butuh waktu 10-15 menit untuk memasaknya. Menjadi berbeda di tangan chef Andreas, ketika satu ikan gurami dibuat dua rasa. Jadi bila ingin gurami dengan dua rasa yang berbeda, cukup memesan satu menu ini saja. Tidak perlu memesan dua menu, seperti di tempat lain. Apalagi ukuran ikan gurami yang disajikan lumayan besar, sehingga cukup memuaskan nafsu makan anda. Ada empat saus spesial yang disediakan. Pertama, saus mayo wijen hitam, saus asam manis, saus telur asin, dan saus sambal matah bali. Tinggal pilih saja, mau saus mayo dengan asam manis, sambal matah bali dengan asam manis, atau yang lainnya.

Asalkan dua pilihan saus saja. ‘’Dua menu ini, masingmasing bisa dimakan dua sampai tiga orang. Kami pun menyiapkan paket untuk berdua, isinya, satu menu gurami, dua nasi putih, dan dua es teh. Thai Steam Gurame dan Gurame Dua Rasa merupakan menu makanan sehat,’’tambah Andreas. (Hendra Setiawan,- 53)


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar