Sylvester Stallone & Rambo yang (Tak) Pernah Mati

Oleh Eko Edi N

Raut ketuaan, jelas tergurat di wajah Sylvester Stallone. Kulit yang keriput, menyisakan liukan garis-garis pembuluh darah yang menonjol, juga kelopak mata yang sudah kendor.

Tetapi tanda fisik itu tak mampu menyembunyikan sorot matanya yang masih menyala, seperti ketika kali pertama dia memerankan tokoh Rambo dalam First Blood pada 1982. Ia memang sudah termasuk uzur. Tahun ini aktor kelahiran New York City, Amerika Serikat itu, telah melewati usia 73 tahun.

Tetapi kakek yang lahir pada 6 Juli 1946 ini masih punya penggemar fanatik. Sepekan ini, penggemar militan Sylvester Stallone berkesempatan menonton aksi laganya di layar lebar lewat Rambo: Last Blood. Film ini mulai tayang di bioskop Tanah Air mulai Rabu (18/9).

Dalam film karya Andrian Grunberg ini, Sylvester Stallone beradu akting dengan Paz Vega dan Yvette Monreal. Hingga kini, Sylvester Stallone menjadi satu-satunya aktor dengan film-film yang konsisten mendulang angka menjulang di tangga box office selama lima dekade berturut- turut. Ia membintangi berjilid-jilid Rambo, Rocky, The Expendables, dan Creed yang juga punya sekuel.

Tetapi terus bermain di genre laga yang mempertontonkan kekuatan dan kekerasan, tak urung menuai kritik. Kritikus film menyebut Sylvester Stallone terjebak peran tipikal. Tetapi Sly, demikian sapaan akrab untuk bintang laga ini, menjawabnya dengan sangat baik.

”Kita punya hal-hal yang dapat dikerjakan dengan sangat baik. Dustin Hoffman tidak bisa memerankan Rambo dan saya tak akan cemerlang jika nekat tampil di film Tootsie,” katanya. Bahkan dengan konsisten di genre itu, ia yakin dan percaya bahwa peran yang ia lanjutkan akan jadi legenda.

”Saya tetap di peran itu dan berupaya menyempurnakannya. Saya tak mau keluar dari kotak terlalu jauh karena percaya, ada banyak aktor lain yang bisa mengerjakan peran lain dengan lebih baik,” urai Stallone saat diwawancara Variety, Mei 2019 seperti dilansir Liputan6.com.

Tapi siapa sangka, Stallone pernah menolak film Superman. Ia ditawari memerankan Superman pada 1978. Akhirnya karakter Superman kala itu jatuh ke tangan aktor Christopher Reeves. Meski demikian, keputusan menolak peran pahlawan super dari DC Comics itu tak berdampak besar terhadap kariernya.

Tak Sesukses Karier

Gemilang di jagad hiburan, tak demikian dalam kehidupan pribadinya. Riwayat rumah tangga Sylvester Stallone tak segemilang kariernya. Kali pertama, ia menikahi Sasha Czack pada 1974. Pisah pada 1985, Stallone dikaruniai dua anak laki-laki yakni Sage Stallone yang telah meninggal, dan Seargeoh Stallone. Sang aktor kemudian menikahi Brigitte Nielson pada 1985. Sayang, dua tahun kemudian bercerai.

Stallone lantas menikahi Jennifer Flavin pada 1997. Kali ini, ia mendapat tiga anak perempuan yakni Sophia Rose, Sistine Rose, dan Scarlet Rose Stallone. Uniknya, semua nama anaknya diawali huruf S. Tahun ini, genap setengah abad Sylvester Stallone mengabdi di dunia seni peran.

Sayang, ia belum pernah menang Piala Oscar. Pada 1977, Stallone dinominasikan untuk Pemeran Utama Pria Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik lewat Rocky, tapi kalah. Pada 2016, ia jadi kandidat kuat Pemeran Pendukung Pria Terbaik via film Creed. Apalagi Stallone menang di Golden Globe.

Sayang, Piala Oscar jatuh ke tangan Mark Rylance yang tampil apik di Bridge of Spies. Stallone legawa namun sang adik, Frank Stallone meluapkan kekesalan di Twitter. ”Academy harusnya malu. Ini sejelas hidung di wajahmu bahwa Sly (Stallone) menang.

Mark siapa? Ini benar-benar omong kosong Hollywood!” tutur Frank, yang kemudian menyesal dan minta maaf pada Mark Rylance. Di luar seni peran, Sylvester Stallone hobi melukis dengan cat minyak. Ia menjadikan Leonardo Da Vinci pahlawan pribadinya.

Selain itu, Sylvester Stallone dikenal rajin beribadah. Sempat ia jarang ke gereja seiring kesibukan dan popularitasnya sebagai aktor papan atas. Tetapi Sylvester Stallone akhirnya kembali rajin mengikuti misa. Jalan terang didapat aktor 73 tahun ini, saat syuting film Rocky Balboa pada 2006. (49)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar