Perum Perindo Targetkan 25 Persen Produksi Diekspor

JAKARTA- BUMN sektor perikanan, Perum Perikanan Indonesia (Perindo) terus meningkatkan kapasitas produksinya tahun ini, dan targetnya 25% diekspor ke berbagai negara di dunia.

Perseroan pada saat ini memiliki beberapa produk hasil tangkapan unggulan, yaitu tuna, gurita, kakap merah, cumi-cumi, cakalang, kepiting, dan udang. Direktur Utama Risyanto Suanda mengungkapkan, meski memiliki target ekspor, kebutuhan dalam negeri tetap menjadi prioritas perusahaan. ”Kami mengutamakan kebutuhan pasar lokal dulu, setelah itu baru ekspor. Target ekspor hasil laut tahun ini 25%, meningkat jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 15%,” tutur dia di Kementerian BUMN, kemarin.

Pihaknya memiliki pasar di beberapa negara. Pasar diciptakan melalui kerja sama dengan perusahaan di negara tujuan ekspor. Dicontohkan kerja sama dengan perusahaan AS, ATAGroup Companies, Inc.

Dari kerja sama itu, pihaknya mengekspor kerapu, udang, kepiting, dan tuna senilai 150 juta dolar AS. Selain itu, kerja sama dengan International Logistics Co, Ltd untuk mengekspor 20 ribu ton produk perikanan per tahun ke Tiongkok.

Pasar Jepang

Untuk pemasaran ke Jepang, pihaknya telah mengandeng beberapa perusahaan. Salah satunya, Musashi Industry Co Ltd berupa jual beli 600 ton ikan tuna senilai 3,3 juta dolar AS. ”Pasar tuna di Jepang sangat besar, kami berpeluang menjadi pemasok utama tuna dan produk turunannya,” jelas Risyanto.

Terbaru, Perum Perindo mengantongi potensi transaksi penjualan 6,3 juta dolar AS per bulan dari pameran eksportir dan produsen seafood internasional di Vietnam atau Vietfish 2019. ”Ada 37 permintaan yang akan ditindaklanjuti dengan proses negosiasi oleh Perum Perindo dari hasil tatap muka dengan calon pelanggan potensial,” papar dia.

Tak hanya memperluas pasar di berbagai negara, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan efisiensi pengapalan dan aset-aset yang dimiliki di berbagai kota di Tanah Air. ”Tiga empat tahun ke depan, kami menargetkan 75% ekspor dan 25% untuk konsumsi lokal. Kami akan terus memperbaiki kinerja,” tandas Risyanto.(bn-18)


Loading...
Komentar