PENDIDIKAN

Program Internasional Memperkuat Mutu Kampus

SEMARANG - Pelaksanaan program internasional bernilai strategis dalam memperkuat mutu perkuliahan. Program itu mencakup pengiriman dosen dan mahasiswa ke luar negeri, pelaksanaan konferensi dan seminar internasional, hingga lawatan guru besar antarkampus. ”Terdorong menjadi bagian memperkuat mutu akademik, mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) selalu dilibatkan dalam program internasional.

Salah satunya berupa pertukaran civitas academica secara global,” kata Direktur Kantor Urusan Kerja Sama Internasional, M Yusuf PhD, kemarin dalam acara pelepasan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unimus yang menempuh program praktik dan pertukaran perkuliahan di Fakultas Kedokteran Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia periode September 2019.

Sebanyak 10 mahasiswa mengikuti program tersebut, yakni Btari Khansa Alya, Kamala Nuriyah, Nabilah Aula, Fitriana Fadhilatul, Syifa Fatma, Lina Indah, Putriana Mayang, Cindy Choirunnisa, Ima Shofiah, serta Ulfa Rakhmawati.

Wawasan Internasional

Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut sinergi Unimus dengan CUCMS. Keikutsertaan ke Malaysia diharapkan membuka wawasan internasional serta membawa manfaat keilmuan bagi mahasiswa. Adapun acara pelepasan dipimpin Dekan FK Unimus Prof Dr Rifki Muslim, dengan menyerahkan surat tugas dari Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi kepada mahasiswa.

Dia berpesan kepada mahasiswa FK Unimus di mana pun berada harus menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan perguruan tinggi. ”Kalian dipandang sebagai orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Pada akhirnya gerak dan gerik perbuatan akan dilihat dan dinilai,” ungkapnya. (H41-27)


Loading...
Komentar