Nasdem Pilih Gabung Demokrat

Pembentukan Fraksi di DPRD Jateng

SEMARANG - Satu pekerjaan rumah (PR) DPRD Jateng yang baru untuk membentuk fraksi di DPRD Jateng telah selesai. Delapan Fraksi terbentuk. Saat ini DPRD juga telah membentuk Pansus Tata Tertib (Tatib) yang menjadi titik awal mengerjakan sejumlah PR yang mesti selesai September ini.

Delapan Fraksi terbentuk dari sembilan Parpol pemilik kursi di DPRD Jateng 2019-2024. Fraksi-fraksi tersebut yakni Fraksi PDI Perjuangan (42 anggota), PKB (20 anggota), Gerindra (13 anggota), Golkar (12 anggota), PKS (10 anggota), PPP(9 anggota), dan PAN (6 anggota).

Selain itu ada satu lagi fraksi yang merupakan gabungan dari Partai Demokrat (5 anggota) dan Nasdem (3 anggota). Fraksi tersebut diberi nama Fraksi Demokrat-Nasdem. Partai Nasdem harus bergabung karena kursi minimal untuk membentuk fraksi adalah 5. Ketua Sementara DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan,setelah pembentukan fraksi, selanjutnya adalah penyusunan Raperda Tata Tertib (Tatib).

”Telah dibentuk Pansus untuk penyusunan Tatib DPRD,” kata Bambang, kemarin. Penyusunan Pansus ini harus cepat. Lantaran menjadi titik tolak dalam menyelesaikan pekerjaan rumah DPRD lainnya pada September ini. Setelah Tatib jadi, maka akan dibentuk alat kelengkapan DPRD dan pelantikan pimpinan DPRD definitif. Pimpinan DPRD selanjutnya membentuk rencana kerja DPRD dan harus selesai bulan ini.

DPRD juga harus segera menindaklanjuti perubahan anggaran hasil evaluasi Kemendagri. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12/2018 Pasal 34 ayat 3 huruf c, Pimpinan sementara DPRD bertugas memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib berdasarkan Permendagri Nomor 80/2015 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri No 120/2018 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Pada PP Nomor 12/2018 Pasal 65 ayat 1 huruf Aangka 3 menyebutkan, jumlah anggota panitia khusus DPRD Provinsi yang beranggotakan lebih dari 100 orangm maka anggota pansus paling banyak 25 orang. Sebagai ketua Pansus, ditetapkan Bambang Haryanto Bahrudin dari Fraksi PDIP. Anggota terdiri dari delapan fraksi di DPRD Jateng.

Sesuai porsi, maka jumlah anggota pansus paling banyak dari PDIP yakni delapan orang. Pada kesempatan lain, perihal tata tertib, Bambang mengatakan akan mendisiplinkan kineja DPRD Jateng. Baik disiplin dalam rapat, disiplin komunikasi internal dan dengan eksekutif, serta disiplin dalam bertindak.

Menurutnya hal yang paling terlihat adalah disiplin saat rapat. Bagi anggota yang enam kali berturut-turut tak datang di rapat paripurna maka harus diganti. Ke depan, lanjutnya, bagi yang tidak datang di rapat paripurna namanamanya bisa saja diumumkan. ”Kita harus konsen dengan tujuan berpartai. Seluruh parpol muaranya kesejahteraan masyarakat,” kata Bambang. (H81-56)


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar