TONTON VIDEONYA di https://www.suaramerdeka.com/smtv atau scan QR code

Empat Pedoman Mengelola Bisnis

SM/Maulana M Fahmi : KONGKO PAGI : Peserta usai Kongko Pagi dan Marketing Arisan Bersama IMA dan Kadin Jateng di lounge lantai XVII Menara Suara Merdeka.(18)
SM/Maulana M Fahmi : KONGKO PAGI : Peserta usai Kongko Pagi dan Marketing Arisan Bersama IMA dan Kadin Jateng di lounge lantai XVII Menara Suara Merdeka.(18)

SEMARANG -Ada empat hal sebagai pedoman dalam mengelola perusahaan, yakni people, execution, cash, dan strategy.

Demikian dikemukakan oleh owner air minum Pelangi dan President IMA Chapter Semarang Maxim Mulyadi saat ”Kongko Pagi dan Marketing Arisan Bersama IMA dan Kadin Jateng (Kopi dan Martabak)” di Menara Suara Merdeka Jalan Pandanaran 30 Semarang, kemarin.

Membangun perusahaan, lanjut dia, membutuhkan seseorang, berapa banyak, apa kompetensinya, bagaimana kepemimpinannya. Seseorang menjadi indikator pertama untuk membangun sebuah bisnis. Lalu, dalam execution diperlukan integritas, bagaimana membangun budaya dan tanggung jawab. ”Membuat bisnis mesti ada perencanaan. Kalau tidak, bisnis yang dibangun akan berjalan tidak terarah,” tegas dia.

Pedoman ketiga, cash; dalam mengelola bisnis dibutuhkan dana berapa banyak, baik untuk membeli bahan baku, proses produksi, maupun lainnya.

Untuk mendapatkan uang bisa dengan modal sendiri atau mencari investor. Keempat, strategy, strategi apa yang wajib disiapkan agar bisa bersaing. Apa saja strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Business Development LinkAja Umi Habibah Mansyur menambahkan sudah saatnya dalam menjalankan bisnis mengacu pada teknologi. Sekarang zaman financial technology (fintech), contohnya LinkAja yang melayani pembayaran listrik, air, serta tagihan lain. ”Model online kini digunakan oleh banyak pengusaha dalam menjalankan bisnis, sudah tidak lagi mengandalkan offline,” tandas dia. Acara yang digagas Indonesia Marketing Association (IMA) dan Kadin Jateng itu diikuti para anggota dan pengusaha muda. (K14-18)