Gol Cantik Trezeguet Menangkan Mesir

KAIRO - Tuan rumah Mesir membuka kejuaraan dengan kemenangan tipis 1-0 atas Zimbabwe pada Piala Afrika 2019 Grup A di Stadion International Kairo, Sabtu (22/6) dini hari WIB. Gol cantik Mahmoud Trezeguet pada menit ke-41 membuat The Pharaohs sukses mencatat start manis.

Ini untuk kali pertama kejuaraan yang digelar Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dimainkan pada periode Juni-Juli. Sebelumya, putaran final selalu diputar pada Januari-Februari. Turnamen ini seharusnya berjalan pada 15 Juni hingga 13 Juli, tapi dimundurkan karena berdekatan dengan Ramadan. Kamerun semestinya jadi tuan rumah, namun dicopot gara-gara ketidaksiapan insfrastruktur dan krisis Boko Haram, serta Anglophone (perang Ambazonia).

Piala Afrika 2019 juga menandai bertambahnya jumlah peserta dari 16 menjadi 24 tim. Pada babak penyisihan dibagi enam grup yang masingmasing berisi empat negara. Dua tim teratas tiap grup lolos ke 16 besar disusul empat runner-up terbaik. Mesir yang dimotori Mohamed Salah memang mendominasi. Namun, kiper Zimbabwe Edmore Sibanda tampil memikat.

Dia berkali-kali menggagalkan peluang pasukan tuan rumah. Trezeguet akhirnya memecah kebuntuan empat menit menjelang turun minum. Menusuk dari sayap kiri, penyerang Kasimpasa itu melepaskan tembakan melengkung yang gagal dijangkau Sibanda. Kemenangan pertama ini disambut gembira Javier Aguirre, pelatih Mesir asal Meksiko. Dia mengaku puas dengan performa skuadnya. (mirror,rtr,A7-17)


Baca Juga
Loading...
Komentar