KH Abdullah Umar Lahirkan Banyak Hafidz

Kitab Karya KH Abdullah Umar Kauman
Kitab Karya KH Abdullah Umar Kauman

KH Abdullah Umar Al Hafidz adalah tokoh yang tidak asing bagi masyarakat Kota Semarang. Kiprahnya dalam memajukan peribadatan dan memberikan pendidikan dalam bidang keislaman bergaung sampai ke beberapa daerah di Nusantara dan bahkan ke negara tetangga.

Ulama yang hidup sederhana ini semasa hidupnya mengabdikan diri untuk menghidupkan dan memajukan peribadatan di Masjid Besar Kauman Semarang. Tahun 1971 dia membuka pondok Alquran yang kemudian diberi nama Pondok Pesantren Tahaffidzul Qurían Semarang yang melahirkan banyak hafidz. Setiap Ramadan, sesudah shalat Zuhur sampai menjelang waktu Asar KH Umar secara kontinyu mengajarkan semaan Alquran disertai penjelasan ilmu tajwid dan tafsirnya serta fadhilah dari ayat-ayat dengan bahasa Jawa. Penjelasannya selalu kontekstual, sehingga banyak orang berbondongbondong datang mengaji di pondoknya. Kiai Umar meninggal dalam usia 72 tahun pada Jumat 21 Dzulhijjah 1421 (16 Maret 2001).

Kegiatan semaan sampai sekarang tetap berlangsung dan diteruskan oleh KH Ahmad Naqib. Masyarakat Semarang khususnya warga Kampung Kauman dan jamaah Masjid Besar Kauman setiap tahun pada bulan Dzulhijjah selalu menyelenggarakan haul di Masjid Besar Kauman untuk mengenang dan memberikan penghargaan atas jasa-jasa dan pengabdiannya.

Sebagai wujud kecintaan terhadap Alquran, KH Abdullah Umar menyusun kitab Al Mashobihu al Nuroniyah Fi Nadhmi al Ahadits al Quríaniyah yang ditulis dengan bahasa Jawa. Kitab itu disusun dengan bait-bait nadhom yang disarikan dari hadishadis Rasulullah saw yang mengupas khusus tentang fadhilah dan keutamaan Alquran.

Kitab ini telah di-taqridloleh KH Muhammad Arwani Kudus dan KH Muslih Abdurrahman Mranggen, pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah. Kitabnya kecil, hanya memuat 35 halaman, dengan metode penyusunan bait-bait nadhom lalu diterjemahkan dengan bahasa Jawa. Sebagai contoh tentang keutamaan belajar dan mengamalkan Alquran (hal.12). “Ta’allamil qur’an tsumma ‘allimman. Takun bikhoirin wakadza dawiman fain tamut fil qobri zarokal mala ikatu fil baiti kama hajjal mala.” ”Tumindak ngaji lan mulang Alquran kaya mengkono iku dawamna tumeka sak patimu, sebab yen sira mati ing kuburanmu bakal diziarahi pirang-pirang malaikat kang wilangane akehe kaya dene wong-wong kang padha nindakake ngibadah haji ing baitullah ing Makkah al mukaromah”.

Nadhoman Mbah Umar

Sebelum mengakiri penjelasan nadhomnya, Mbah Umar berpesan ”Para sedulurku kaum muslimin muslimat kang tak tresnani, kabeh keterangan kang mengkono mau mulai sangka awal tumekane pungkasan, kesimpulane nudhuhake semono gedhene fadhilah lan utamane Alquran, semono agunge syafaate Alquran, semono anjane kedudukan Alquran, semono mulyane wong kang ahli Alquran, semono luhure derajate wong kang apal Alquran, semono sikape Allah, para malaikat, para langit, bumi lan swarga terhadap wong-wong kang ahli lan apal Alquran. Nanging hiya kenapa akeh banget para sedulur Islam kang isih padha ragu-ragu mamang, ora mantap terhadap Alquran. Ora seneng yen anake karep lunga mondok ngapalake Alquran. Kuwatir yen akhir tembene anake ora bisa nyambut gawe banjur dadi wong mlarat, malah kadang-kadang yen meksa lunga mondhok wong tuwane ora saguh nyangoni lan ngongkosi. Ing mangka hasile bisa dialap manfaate mulai donya tumekane akhirat, kejaba marang awake dhewe uga bisa sumrambah marang wong tuwa lorone lan masyarakat. Sedheng yen ngudi namung golek kepinteran umum blaka wani ngongkosi atusan ewu rupiah, hasile namung namung sak cukup manfaat ing donya thok, malah kadang-kadang bisa dadi musuh karo wong tuwane. Hiya kaya mengkene lah sing aran kemundurane agama Islam sebab sangka tumindake wongwong Islam dhewe.” (19)

--Abdul Ghofur, Pengurus PAC Ansor Kec. Tanggungharjo, Grobogan )


Berita Terkait
Loading...
Komentar