Kadin-Fujian Tiongkok Jalin Kerja Sama Pariwisata

BERDIALOG: Wakil Direktur Kantor Perdagangan Provinsi Fujian, Huang Dezhi dan tim berdialog dengan jajaran pimpinan dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin Jateng) saat berkunjung ke Menara Suara Merdeka, Kamis (25/4). (SM / Maulana M Fahmi)
BERDIALOG: Wakil Direktur Kantor Perdagangan Provinsi Fujian, Huang Dezhi dan tim berdialog dengan jajaran pimpinan dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin Jateng) saat berkunjung ke Menara Suara Merdeka, Kamis (25/4). (SM / Maulana M Fahmi)

SEMARANG - Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah bersiap menjalin kerja sama bidang pariwisata dengan Fujian Tiongkok. Kesepakatan kerja sama tersebut diungkapkan oleh Wakil Direktur Kantor Perdagangan Provinsi Fujian, Huang Dezhi, bersama segenap tim dari Fujian saat berkunjung ke Menara Suara Merdeka, Kamis (25/4).

Kunjungan tersebut diterima Wakil Ketua Pariwisata dan Promosi Kadin Jateng Benita Eka Arijani, Komite Tetap Darat Kadin Jateng Chandra Siswa Sanjaya, Komite Tetap Pengembangan Investasi Daerah Kadin Jateng Adi Ekopriyono beserta pengurus Kadin Jateng.

Huang Dezhi menuturkan, Jawa Tengah dan Fujian Tiongkok telah menjalin kerja sama berupa penandatanganan MoU bersama, belum lama ini. Kerja sama dalam bentuk peningkatan di bidang perdagangan, investasi, ekonomi dan pariwisata. Fujian sangat membuka peluang bagi pengusaha Jateng untuk bisa memasarkan jasa dan produknya ke negaranya.

"Kerja sama yang sudah terjalin, diharapkan dapat dikembangkan lagi ke depan. Berupa peningkatan kerja sama di berbagai bidang. Kami membuka peluang bagi pengusaja di Jateng untuk mempromosikan jasa dan produknya ke Fujian. Atau bisa menanamkan investasinya ke provinsi Fujian Tiongkok," tuturnya.

Pengusaha Jateng bisa mengikuti pameran perdagangan di Fujian Tiongkok. Pihaknya membuka kesempatan bagi siapa saja pengusaha yang butuh promosi ke Fujian. "Kami juga siap mengajak pengusaha Fujian untuk menanamkan investasinya di provinsi Jateng. Mengingat potensi Jateng saya lihat sangat menarik. Baik dari pariwisatanya dan sektor perdagangannya," ujarnya.

Benita mengatakan, provinsi Fujian Tiongkok telah menjalin kerja sama dengan Provinsi Jateng sejak 2003 silam. Kerja sama ini diharapkan ke depan dapat ditindaklanjuti dan dilaksanakan. Banyak peluang yang bisa dikerjasamakan. Antara lain sektor pendidikan, pariwisata, jasa dan perdagangan dan masih banyak lagi. "Harapannya bisa dilaksanakan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Tengah," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, masing-masing pengusaha dari sektor usaha yang sama baik dari Fujian Tiongkok dan Kadin Jateng melanjutkan perbincangan lebih intensif. Sementara di bidang pariwisata, Benita mencoba menjajaki kerja sama untuk charter flight penerbangan dengan perjanjian dari Fujian menuju Jawa Tengah. "Dengan charter flight diharapkan bisa menarik minat pengusaha Fujian untuk datang ke Jawa Tengah," harapnya. (K14-46)