26 TPS Hitung Ulang

SM/M Khabib Zamzami : HITUNG SUARA : Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melakukan perhitungan ulang suara di Kecamatan Banyumanik, kemarin. (48)
SM/M Khabib Zamzami : HITUNG SUARA : Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melakukan perhitungan ulang suara di Kecamatan Banyumanik, kemarin. (48)

SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang merekomendasikan hitung ulang terhadap perolehan suara di tingkat kecamatan.

Hingga Kamis (25/4), hitung ulang ada di 26 TPS yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kota Semarang. ”Sebanyak 26 TPS perlu hitung ulang, karena ditemukan beberapa masalah. Selain hitung ulang, juga verifikasi dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan Pasal 374 ayat (2) UU No 7 Tahun 2017 tentang syarat dilakukan penghitungan suara ulang,” kata Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin.

Ada selisih input angka perhitungan di tingkat TPS, terdiri atas data pemilih, pengguna hak pilih, surat suara sah/tidak sah, surat suara yang dikembalikan karena rusak/keliru coblos. Kemudian surat suara tidak digunakan maupun yang digunakan dan penjumlahan perolehan suara pasangan calon dan parpol.

Dalam rekapitulasi tingkat kecamatan, semua data yang tidak singkron langsung dikoreksi dengan dimasukkan pada formulir DAA1 Plano tingkat Kecamatan.

Disertakan juga formulir- formulir lainnya dengan disaksikan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan dan para saksi. Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti menjelaskan, rapat Pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat kecamatan, dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kotak suara kemudian disampaikan pada tingkat KPU Kota Semarang.

Bawaslu beserta jajarannya akan melakukan pengawasan hingga rekapitulasi surat suara. Ini untuk mengawasi adanya kesalahankesalahan dalam menginput data, baik yang disengaja maupun tidak. Bila memang ada selisih, maka perlu dihitung ulang. ”Hingga hari ini, baru dua kecamatan yang menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan se-Kota Semarang. Dua kecamatan itu, yakni Kecamatan Tugu dan Kecamatan Semarang Tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom menuturkan, perhitungan suara ulang akan dilakukan di tingkat kecamatan, tidak ke tingkat TPS. Perhitungan ulang juga akan dilakukan oleh PPK, tidak sampai ke Kelompok Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). ”Semua prosedur yang ada memang harus dilakukan. Ini bentuk keterbukaan kami kepada publik, dalam menjalankan pemilu yang adil dan jujur,” tutur Henry, kemarin. (K18, bib-48)


Berita Terkait
Loading...
Komentar