Kim Jong-un dan Putin Akan Bertemu di Rusia

MOSKWA - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan ini. Rusia memiliki hubungan yang baik dengan Korut karena kerap memberikan bantuan, terutama makanan. Jika jadi, pertemuan itu merupakan yang pertama antara Kim dan Putin.

Belum diketahui kepastian waktu dan tempat pertemuan tersebut, namun beberapa media Rusia, Korsel, dan Jepang melaporkan mereka sedang mempersiapkan pertemuan di wilayah timur Rusia.

Utusan Korut dilaporkan telah tiba di Moskwa untuk mempersiapkan pertemuan itu. Utusan tersebut bertemu dengan sejumlah pejabat Rusia pada Rabu (17/4) untuk mempersiapkan pertemuan kedua pemimpin negara itu.

”Persiapan aktif untuk potensi pertemuan sedang berjalan,” ujar seorang pejabat di Kantor Kepresidenan Rusia, Yuri Ushakov. Dia enggan merinci lokasi dan waktu pasti pertemuan antara Kim dan Putin, namun spekulasi yang berkembang pertemuan kemungkinan besar akan diadakan di Vladivostok.

Seorang sumber diplomatik mengungkapkan, pertemuan itu diperkirakan bakal diselenggarakan sebelum Putin bertolak ke Tiongkok untuk menghadiri sebuah pertemuan pada 26-27 April mendatang. Indikasi pertemuan main kuat setelah kantor berita Yonhap melaporkan maskapai Air Koryo yang biasa membawa Kim dijadwalkan melakukan penerbangan khusus ke Vladivostok pada Selasa pekan depan. (cnn-25)


Loading...
Komentar