TNI Kawal Pemilu hingga Selesai

JAKARTA- Rangkaian tahapan Pemilihan Umum Serentak 2019 belum berakhir. Karena itu, TNI menyatakan akan terus mengawal hingga seluruh tahapan rampung. ”Masih banyak tugas yang membutuhkan peran serta, pemikiran, dan perhatian seluruh prajurit dan PNS TNI,” kata Wakil Irjen TNI Marsda TNI Sri Pulung D di Lapangan Apel Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (18/4).

Hal itu disampaikannya saat dia menjadi Inspektur Upacara Bendera dan membacakan amanat tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Menurutnya, 17 April lalu merupakan tonggak strategis bagi bangsa dan negara Indonesia. ”Karena, pemilu serentak telah dilaksanakan untuk memilih presiden, wakil presiden serta anggota legislatif dari tingkat pusat sampai tingkat kabupaten/ kota.

Keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh prajurit dan PNS TNI,” ujarnya. Dia pun menyampaikan penghargaan yang tulus dan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI, di manapun berada dan bertugas.

”Pengorbanan saudara-saudara menjadi fondasi yang kokoh. Khususnya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya. Karena itu, dia mengingatkan agar para prajurit jangan pernah ragu atau merasa lelah karena tugas yang ditunaikan.

Karena itu semua adalah demi masa depan bangsa dan negara. ”Demi generasi mendatang serta kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perbedaan pandangan dan pilihan tidak berarti persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang besar harus terkikis,” imbuhnya.

Terbaik

Pemilu, menurutnya, sebaiknya dijadikan wahana untuk memilih pemimpin-pemimpin bangsa serta wakil-wakil rakyat yang terbaik. Selain itu, bangsa Indonesia patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pemilu berjalan dengan baik. ”Tetap berdoa agar tahapan berikutnya juga berjalan dengan sukses. Sudah tentu tahapan-tahapan tersebut masih membutuhkan perhatian kita semua.

Untuk itu, TNI bersama seluruh komponen bangsa harus tetap mengawal sampai seluruh tahapan selesai,” tandasnya. Dia juga mengatakan, prajurit dan PNS TNI adalah bagian dari sebuah organisasi yang lebih besar. Sehingga, peran setiap orang sebagai warga negara untuk kebaikan - sekecil apa pun- adalah bagian dari bangunan yang lebih besar, yaitu bangunan bangsa dan negara.

”Itu pulalah yang dilakukan para pejuang pendiri bangsa yang mengorbankan jiwa raga untuk Merah Putih,” tegasnya. Pada bagian lain, seluruh prajurit juga diinstruksikan untuk tetap melaksanakan tugas sesuai fungsi dan tanggung jawab masingmasing. Termasuk, meningkatkan terus kepekaan, kepedulian, dan kesiapsiagaan.

”Kedepankan upaya cegah dini dan deteksi dini untuk bantu amankan jalannya proses pesta demokrasi. Bangun terus kedewasaan berdemokrasi di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.(H28-41)


Berita Terkait
Loading...
Komentar