Pemilu Jadi Tolok Ukur Kemandirian Bangsa

YOGYAKARTA - Pesta demokrasi Pemilu 2019 baru saja usai. Sehari setelah pencoblosan, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI M Zamroni menyebut bahwa lancarnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dapat menjadi tolok ukur kemandirian bangsa.

”Terciptanya suasana yang aman dan kondusif dalam Pemilu tahun ini sebagai tolok ulur bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bisa menentukan nasib masa depan dan bangsa yang bisa dijadikan contoh bangsa lain,” kata Danrem, kemarin.

Apa yang dikemukakan beralasan, karena Danrem menilai Pemilu 2019 sungguh luar biasa dan sangat sangat melelahkan, baik pikiran maupun tenaga, sehingga dalam pelaksanannya harus betulbetul diawasi dengan baik. ”Apalagi pemilu ini yang dilaksanakan secara serempak dan secara besar- besaran,” imbuhnya.

Zamroni juga mengutip apa yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bahwa tanggal 17 April 2019 merupakan tonggak strategis bagi bangsa dan negara.

Keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2019 tidak terlepas dari peran serta seluruh prajurit dan PNS TNI, baik itu sebagai bagian dari komponen bangsa maupun bagian dari TNI sebagai sebuah institusi.

Penghargaan

”Panglima TNI menyampaikan penghargaan yang tulus dan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI di mana pun berada dan bertugas. Pengorbanan saudara-saudara dan keluarga di rumah, menjadi fondasi yang kokoh bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya. Sementara itu, Danramil 03 Gondokusuman Kapten inf Surono menambahkan bahwa pelaksanaan pemilu di wilayahnya berjalan dengan kondusif.

”Alhamdulillah berjalan lancar. Kami memang selalu mengingatkan kepada petugas KPPS harus mengerti betul aturan yang berlaku dalam pemilu sesuai dengan aturan KPU.

Bahwa warga yang boleh melaksanakan hak pilih adalah yang mempunyai KTP sesuai dengan wilayah dan harus sudah terdaftar di DPT tetap atau DPT tambahan. Karena itu, apabila ada warga di luar wilayah tanpa menunjukkan C6 atau A5, tidak bisa melaksanakan hak pilih,” tandas dia. (K15-27)


Loading...
Komentar