Bawaslu Kaji PSU di Sejumlah TPS

SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, sedang mengkaji perlu atau tidak pemungutan suara ulang (PSU), di beberapa TPS di Kecamatan Genuk dan Tembalang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Muhammad Amin, mengatakan pemungutan suara ulang juga dilakukan di sejumlah kota dan beberapa provinsi.

Saat ini, ”Berdasarkan dugaan Bawaslu, baru ada dua kecamatan yaitu Kecamatan Genuk dan Kecamatan Tembalang, yang diusulkan pemungutan suara ulang.

Namun hal itu masih dalam kajian,” kata dia. Menurut Amin, unsur-unsur yang dikaji di antaranya, ditemukan pemilih yang tidak dapat masuk dalam TPS. Hal itu karena pemilih tidak memiliki C6 atau surat undangan memilih, tetapi ingin memilih di tempat tersebut.

Karena itu, kata Amin, sejumlah tim hukum dan penanganan sedang dalam proses mengklarifikasi dua kecamatan itu. Jika terbukti memenuhi unsur-unsur tersebut, maka dapat dilakukan PSU. Selain itu, terkait dengan banyaknya surat suara yang tertukar, telah diselesaikan pada tingkat TPS masingmasing.

Surat suara yang tertukar telah dikembalikan pada masing-masing Dapil. Sehingga untuk Dapil 6 dan 5 di wilayah Semarang Barat juga telah terselesaikan. ”Kemudian untuk wilayah lain, pemilihan suara dihentikan.

Pasalnya menunggu surat suara untuk ditukarkan dapil lain,” imbuhnya. Bawaslu juga mengecek unsur kesengajaan, dalam kasus-kasus tersebut. Sementara itu, hingga Jumat (19/4) pukul 18.00, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom belum bisa dihubungi. (kas-42)


Berita Terkait
Loading...
Komentar