Perlu Dukungan

SM/dok
SM/dok

UNTUK meningkatkan kesadaran penyalahguna narkoba agar menjalani rehabilitasi memerlukan dukungan dari stakeholder terkait, teramasuk keluarga dan lingkungan terdekatnya.

"Pecandu narkoba tidak percaya jika melaporkan utk rehabilitasi. Khawatir langsung diproses alias tidak yakin jika rehabilitasi itu dirahasiakan dan tidak akan diproses pidana," kata Kepala Biro Investigasi DPD Gerakan Anti Narkoba (Granat) Jateng untuk wilayahan eks Karesidenan Banyumas, Frans Fadlan. Penyalahguna narkoba sulit diberikan pemahaman bahwa lepas dari ketergantungan itu lebih nyaman. Mereka lebih menikmat hidup dalam kondisi pengaruh narkoba.

Saat tidak memakai, rasa percaya diri akan menurun. ”Karena untuk kembali normal itu butuh waktu. Butuh pembenahan menta, dan faktor utamanya ini. Ada yg konsultasi sama saya bahwa mereka merasa lebih nikmat dalam kondisi pengaruh narkoba. Setiap ada yang nemuin saya ingin rehabilitasi, tapi saat konsultasi pun mereka dalam pengaruh narkoba.

Bisa saat itu dengan berkata yakin mau rehabilitasi, tapi kan mereka ngomong dalam pengaruh narkoba, ” ujar dia. Penyalahguna narkoba, kata dia, juga kerap mendapat ancaman dari jaringan pengedar narkoba, karena dikhawatirkan membongkar jaringannya. Atau bisa juga karena keluarganya tidak tega melihatnya ketika sedang putus zat. (Fadlan M Zain-20)


Baca Juga
Loading...
Komentar