PRANCIS

Kebakaran Notre-Dame Murni Kecelakaan

SM/fortune  -  MENARA RUNTUH : Katedral Notre Dame di Paris mengalami kebakaran pada Senin (15/4) waktu setempat. Puncak menara bangunan berusia delapan setengah abad tersebut runtuh setelah dilalap api. (25)
SM/fortune - MENARA RUNTUH : Katedral Notre Dame di Paris mengalami kebakaran pada Senin (15/4) waktu setempat. Puncak menara bangunan berusia delapan setengah abad tersebut runtuh setelah dilalap api. (25)

PARIS - Aparat Prancis menyatakan kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame di Paris pada Senin (15/4) sekitar pukul 18.50 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB adalah murni kecelakaan. Lebih dari 400 petugas dan 18 mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api.

Si jago merah melalap bagian atap gereja berusia delapan setengah abad tersebut dan menumbangkan puncak menaranya. Seorang petugas pemadam cedera namun tidak ada korban lain dalam kebakaran yang mulai terjadi sesaat setelah katedral tersebut ditutup untuk umum.

Jaksa penuntut umum Paris, Remy Heitz, menyebutkan tidak ada indikasi kesengajaan dalam kasus kebakaran tersebut. Sebanyak 15 penyidik dilibatkan untuk melakukan investigasi yang ”panjang dan kompleks” terhadap insiden tersebut.

Kerangka Kayu

Di bagian luar, menaramenara lonceng dan tembok luar masih berdiri, namun bagian dalam dan atas bangunan gotik tersebut rusak. Penyidik belum bisa memasuki bagian tengah katedral sampai para pakar memastikan bangunan aman.

Api dengan cepat merambat melalui kerangka kayu di sekitar atap, tempat para pekerja berpijak untuk melakukan renovasi terhadap puncak menara utamanya. Kebakaran Notre-Dame terjadi menjelang perayaan Paskah yang jatuh pada 21 April mendatang.

Paus Fransiskus menyerukan seluruh komunitas internasional membantu merestorasi salah satu warisan UNESCO yang selamat dari bombardir Perang Dunia II tersebut.

Sejumlah petinggi negara seperti Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, hingga Ratu Inggris Elizabeth II mengungkapkan keprihatinan atas kebakaran itu. (rtr-sep-25)


Tirto.ID
Loading...
Komentar