Politeknik Harus Mampu Mendorong Perekonomian Daerah

BIMA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan bahwa Politeknik harus dibangun di tempat yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) untuk perkembangan sumber daya manusia (SDM) dan mendorong perekonomian daerah tersebut. "Vokasi Bima Universitas Mataram akan menjadi embrio kelahiran Politeknik Negeri Bima.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang salah satu fokusnya adalah pendidikan vokasi dan politeknik yang akan menjadi motornya penghasil SDM terampil," ujar Menristekdikti, Mohamad Nasir saat meninjau Vokasi Bima Universitas Mataram, Minggu (14/4).

Menurutnya, Kabupaten Bima memiliki potensi kekayaan alam yang besar, salah satunya ialah tambang ikan dan pertanian. Ia berharap politeknik yang akan didirikan di Kabupaten Bima dapat mengangkat potensi daerah tersebut. "Saat ini negara yang maju bukan ditentukan oleh jumlah sumber daya alam ataupun jumlah penduduk, namun penguasaan teknologi dan inovasi," jelasnya.

Oleh karena itu, pemerataan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia merupakan salah satu program prioritas pemerintah untuk menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing tinggi, tidak hanya di perkotaan atau pulau Jawa namun juga di seluruh daerah di Indonesia.

Jadi Solusi

"Fokus pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia adalah Indonesia sentris, tidak boleh lagi pendidikan tinggi berkualitas hanya terpusat di daerah tertentu saja seperti Pulau Jawa.

Kehadiran Poltek Negeri Bima diharapkan akan menjadi solusi bagi masyarakat," tuturnya. Ia Sangat Mengapresiasi Kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, yang memiliki semangat untuk memiliki Lembaga Pendidikan Tinggi.

"Di mana ada kemauan, pasti ada jalan," tutupnya. Sementara itu, Bupati Kabupaten Bima Indah Dhamayanti Putri menyampaikan kepada Menristekdikti bahwa Vokasi Unram yang berada di Kabupaten Bima merupakan cikal bakal dan cita-cita kita bersama untuk mewujudkan menjadi suatu politeknik.

"Izinkan semangat kami, semangat generasi yang ada di Kabupaten Bima secara utuh dan mewakili beberapa kabupaten/kota yang berdekatan dengan wilayah kami, semoga dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami akan terwujud politeknik yang ada di Kabupaten Bima," kata Indah. (nya-40)


Berita Terkait
Loading...
Komentar