Monokrom hingga Penuh Warna

Teks & foto: Manggia
Teks & foto: Manggia

IKAPESTA Wedding Expo tahun ini baru saja digelar. Acara tiga hari berturut-turut (5-7/4) di New PRPP Convention Center Semarang itu bertema besar "Faithfully Yours". Selain beragam hadiah yang menggiurkan, seperti emas 155 gram, acara peragaan busana berkonsep musikal tiga hari berturut-turut itu selalu jadi andalan pengorganisasi acara Berlian Event Organizer (BEO).

Hari pertama pameran, Jumat (5/4), merupakan acara pembukaan, dilanjutkan musical fashion show oleh AVE Bridal, Ventlee, Andy Irawan, dan Riana Dance. Mengadaptasi cerita dari film Crazy Rich Asian, pertunjukan fesyen yang dibagi menjadi tiga sesi itu menghadirkan deretan cocktail dress bernuansa nude, berpadu dengan jas dengan warna dan motif atraktif. Sesi kedua koleksi long dress haute-couture dengan full bordir motif khas Tiongkok, yakni bungabunga dan burung merak.

Begitu juga busana koleksi pria berupa frog button tang shirt. Semua hadir dengan dominasi warna merah. Dan sesi terakhir dihiasi long dress sequin berwarna emas dan setelan jas hitam yang memiliki sentuhan warna emas dan busana bridal asimetris multi-layer yang berpadu dengan tuksedo hitamputih.

Sabtu (6/4), giliran Dian Saputra dan Batavia Jas mengambil alih panggung dengan tema "Leap of Faith". Salah satu kemeriahan yang menarik pandangan mata adalah busana dengan nuansa warna biru neon dan magenta yang berhiaskan bordir bermotif bunga-bunga serta dominasi material tulle. Koleksi tersebut mengacu ke fesyen Korea. Tak ketinggalan koleksi setelan jas bergaya urban dengan warnawarna dusty menghiasi panggung. Hari terakhir, Minggu (7/4), menghadirkan kolaborasi Raymond Leonard, Initial D dan Sony Arian dalam tema "New York I Love You.

Setiap desainer memberi hiburan pada undangan. Dibuka Initial D, yang melakukan penampilan langsung menggambar motif di jas menggunakan tinta spray. Lalu sesi kedua Sony Arian menyanyikan lagu "You are the Reason" diiringi Paduan Suara Undip Semarang. Sesi terakhir, Raymond Leonard menghadirkan bridal dress full feather, lengkap dengan sayap megah. Tema besar "Faithfully Yours" mengandung unsur positif, yakni bertekad sehidup-semati dengan pasangan.

Dari segi gaya, mengacu pada fesyen ke Korea, yakni dari segi warna yang lebih berwarna dan berani tampil bright. Bisa juga diartikan perpaduan gaya Barat dan Timut, memadukan warna dan motif yang kontras, berani tampil beda dan penuh warna.

Di sisi lain, muncul juga gaya serbaminimalis dengan sentuhan warna monokrom. Itu telah direpresentasikan dengan apik oleh para desainer dengan tetap mempertahankan ciri khas masingmasing.( 53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar